Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / 3 Tips Memilih Shampo yang Tepat agar Rambut Tidak Rusak

3 Tips Memilih Shampo yang Tepat agar Rambut Tidak Rusak

. Shampo adalah alat yang digunakan untuk mencuci rambut. Rambut, yang akibat aktivitas sehari-hari di luar ruangan akan menjadi kotor karena terkena debu dan berminyak, hanya dapat dibersihkan oleh alat lain yang bersifat basa, seperti sabun dan shampo. Namun, penggunaan shampo yang diperuntukkan membersihkan rambut ini terkadang justru bisa membawa kerusakan terhadap rambut. Hal ini misalnya karena zat-zat yang dikandung oleh shampo tidak cocok dengan jenis rambut dan kulit kepala anda. Oleh karena itu, pertama-pertama anda perlu mempelajari dulu mengenai tips memilih shampo yang tepat agar rambut tidak malah rusak.

tips-memilih-shampo-yang-tepat

  1. Kenali sifat rambut dan kulit kepala anda

Anda tidak akan pernah bisa membedakan mana shampo yang cocok dan mana yang tidak bila anda sendiri belum tahu bagaimana karakteristik rambut dan kulit kepala anda. Cara mengetahuinya cukup mudah, yakni ketika anda tidak cocok menggunakan satu jenis shampo tertentu, lihat di bagian belakang shampo pada kolom komposisi. Kemudian bandingkan dengan bahan shampo yang cocok dengan anda, lalu carilah perbedaannya. Nah, perbedaan bahan itulah yang mungkin menyebabkan rambut anda rusak, sehingga saat memilih shampo di kemudian hari, jangan memilih yang ada kandungan bahan tersebut.

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan rambut

Apabila anda sudah mengenal kebutuhan rambut anda, hal ini akan memudahkan langkah anda untuk memilih shampo. Misalnya, jika anda berketombe maka pilihlah shampo anti-ketombe, bila rambut anda kering dan bercabang maka pilihlah shampo yang mampu melembabkan kulit kepala dan menutrisi rambut, bila anda memiliki rambut yang dicat maka pilihlah shampo yang mampu menjaga warna dari cat rambut anda, dan contoh-contoh lain semacam itu.

  1. Konsultasikan pada dokter kecantikan

Jika rambut anda sudah terlanjur rusak, dan anda telah mencoba berbagai tips memilih shampo yang tepat untuk membuat rambut anda normal kembali tetapi rambut anda tak kunjung sehat, anda bisa memilih untuk berkonsultasi pada sang ahlinya yakni dokter kecantikan. Setelah dokter memberikan hasil pemeriksaan yang valid, biasanya ia akan menyarankan anda untuk membeli produk shampo herbal yang disediakan rumah sakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top