Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / 5 Cara Menjaga Kesehatan Hati

5 Cara Menjaga Kesehatan Hati

. Liver atau hati adalah organ penting dalam tubuh manusia. Hati sendiri berperan penting, yaitu menyaring racun yang ada dalam tubuh. Sehingga, sangat penting bagi manusia untuk menjaga kesehatan hatinya. Bayangkan, jika hati tidak dapat berfungsi dengan baik, maka racun tersaring dengan baik. Hal inilah yang memicu dapat mempengaruhi fungsi anggota tubuh lainnya. Nah, menjaga hati agar tetap sehat menjadi jalan yang terbaik agar hati dapat berfungsi dengan baik. Kemudian, bagaimana caranya?

5-cara-menjaga-kesehatan-hati

Di bawah ini ada beberapa cara sederhana yang dapat membantu anda untuk menjaga kesehatan hati, yaitu :

  • Minum air lemon

Mulai sekarang, cobalah untuk membiasakan diri dengan meminum air putih yang dicampur dengan perasan lemon. Hal ini ternyata dapat mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Lemon sendiri memiliki kemampuan untuk meningkatkan detoksifikasi hati. Adanya kandungan asam sitrat dalam lemon dapat mendorong kemampuan empedu untuk mengeluarkan racun yang ada.

  • Mengkonsumsi sayuran

Dengan mengkonsumsi sayuran dengan rutin juga akan membantu menjaga kesehatan hati manusia. Sayur-sayuran seperti bawang dan brokoli memiliki kandungan belerang yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu meningkatkan kemampuan detoksifikasi hati.

  • Mengkonsumsi suplemen khusus untuk hati

Dalam upaya menjaga kesehatan hati, maka manusia memerlukan mineral harian. Mineral tersebut biasa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan sehat yang memiliki banyak kandungan seperti magnesium, kalsium, kalium, mangan, selenium, sodium, seng, zat besi, dan tembaga. Kandungan mineral itu ternyata berperan penting bagi detoksifikasi tubuh. Nah, mulai sekarang anda dapat memenuhi kebutuhan mineral itu dengan mengkonsumsi suplemen yang dibuat khusus untuk hati.

  • Hindari Alkohol

Hati akan terus berfungsi dengan baik jika anda tidak pernah mengkonsumsi alkohol. Tahukah anda bahwa ternyata alkohol akan membuat hati manusia bekerja lebih cepat dan keras dalam upaya menyaring dan mendorong racun keluar. Untuk itulah, jauhi minum-minuman yang beralkohol demi terjaganya fungsi hati

  • Pijatan

Anda juga dapat melakukan pijatan dengan lembut di daerah hati serta kantung empedu. Tindakan tersebut diketahui mampu membantu meningkatkan sirkulasi darah menuju hati. Sehingga, hal tersebut membantu hati dapat berfungsi dan bekerja dengan optimal.

Nah, mengingat pentingnya peran hati, maka anda diharuskan menjaga kesehatan hati. Hal ini demi kelangsungan hati anda sendiri. Semoga beberapa cara di atas dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan mampu membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top