Kabar Sehat
You are here: Home / Kecantikan / 5 Tips Mudah Merawat Rambut Panjang dan Berminyak

5 Tips Mudah Merawat Rambut Panjang dan Berminyak | tips merawat rambut panjang dan berminyak

. Rambut adalah mahkota kepala, fungsinya adalah menghiasi kepala agar terlihat lebih baik dan indah. Manusia diciptakan dengan rambut yang bermacam-macam, ada yang mempunyai rambut tebal, lurus, kriting, tipis, berminyak dan lain sebagainya. Nah, pada artikel kali ini, anda akan membaca beberapa tips khusus untuk rambut panjang  yang berminyak. Rambut panjang berminyak yang tak terawat akan cenderung terlihat kusam dan banyak ketombe. Karena rambut dengan minyak berlebih akan menyebabkan kotoran dan ketombe lebih mudah menempel, ditambah lagi dengan panjangnya rambut. Semakin panjang dan berminyak rambut anda, semakin besar pula area kotoran dan ketombe untuk singgah. Hal ini jelas bertentangan dengan fungsi rambut yang tugas utamanya tak lain adalah memperindah kepala. Maka dari itu , untuk mencegah serangan ketombe dan kotoran yang beterbangan dan singgah di rambut panjang dan berminyak yang anda miliki, saya akan mengulas beberapa tips merawat rambut panjang dan berminyak agar rambut anda selalu terlihat indah dan berkilau.

tips-merawat-rambut-panjang-dan-berminyak

Tips pertama: Keramas setiap hari

Tips yang paling penting dan berkhasiat diantara tips-tips merawat rambut panjang dan berminyak adalah dengan berkeramas setiap hari. Dengan berkeramas setiap hari, rambut panjang yang anda miliki akan terlihat lebih lembut dan berkilau. Jangan lupa untuk menggunakan shampo yang cocok dengan jenis kulit anda dan cucilah rambut anda saja, hindari pemijatan di kulit kepala. Jangan gunakan air hangat untuk membilas rambut anda, karena air hangat akan membuka pori-pori pada kulit kepala yang mengakibatkan  minyak berlebih terproduksi dan keluar.

Tips kedua : Vitamin rambut

Rambut panjang yang tak terurus akan terlihat kusam dan cenderung bercabang. Gunakanlah vitamin rambut agar rambut anda selalu sehat dan indah. Hindari penggunaan vitamin yang berminyak, cobalah vitamin alami seperti perasan jeruk nipis dan lemon.

Tips ketiga : Sisirlah rambut setiap hari

Rambut panjang berminyak akan terlihat sangat berantakan dan kusam apabila tidak disisir. Sisirlah rambut anda setiap hari. Tapi ingatlah, jangan terlalu sering menyisir rambut anda. apalagi menyisir rambut sampai kulit kepala. Karena terlalu sering menyisir rambut sampai kulit kepala akan menyebabkan minyak yang berlebih. Sisirlah secukupnya agar terlihat rapi dan indah.

Tips keempat : Hindari penggunaan gel rambut

Penggunaan gel rambut pada rambut yang panjang dan berminyak akan mengakibatkan rambut menjadi kusam dan tidak mudah diatur. Gel rambut yang berlebih juga menyebabkan pada kerusakan rambut pada nantinya.

 Tips kelima : Hindari panas matahari yang berlebih

Terik panas matahari akan menyebabkan kulit kepala berkeringat dan menghasilkan minyak yang berlebih. Minyak yang berlebih akan menyebar ke seluruh rambut dan menyebabkan rambut anda menjadi mudah kotor dan kusam. Hal ini juga menyebabkan kulit kepala menjadi gatal yang akan mengakibatkan garukan dan pijatan dikepala.

Inilah lima tips merawat rambut panjang dan berminyak. Bagaimana? Simpel kan? Kelima tips itu akan sangat berkhasiat apabila dilakukan dengan benar. Dengan melakukan tips-tips diatas, masalah-masalah seperti rambut kotor, kusam dan berketombe akan dapat segera teratasi. Dengan anjuran-anjuran diatas, anda dapat menyimpulkan bahwa merawat rambut panjang dan berminyak itu sebenarnya tidak susah. Asal ada kemauan dan niat semua yang anda lakukan bisa dipastikan tidak akan sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top