Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / 7 Macam Buah Penurun Kolesterol

7 Macam Buah Penurun Kolesterol

. Buah-buahan memang sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Banyak sekali zat-zat penting yang bisa diperoleh manusia saat mengkonsumsi buah-buahan. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah-buahan adalah menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Akan tetapi, dari sekian banyak buah yang ada di dunia, ada sekitar tujuh jenis buah yang memiliki khasiat dalam menurunkan kadar kolesterol, yakni :

7-macam-buah-penurun-kolesterol

  • Jeruk lemon

Jeruk lemon mengandung vitamin C, kandungan pektin, serta kalsium yang tinggi. Kandungan-kandungan tersebut ternyata tidak hanya memberikan rasa segar namun juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Anggur

Anggur memiliki sifat basa yang memiliki kemampuan untuk menetralkan darah yang sifatnya terlalu asam. Hal ini dikarenakan asam yang berlebihan akan memberikan dampak negatif pada kesehatan. Untuk itulah, penting bagi manusia untuk mengkonsumsi anggur. Nantinya, anggur dapat menghancurkan lemak-lemak yang mengeras dan menimbun. Tidak hanya itu saja, anggur juga memiliki kandungan pektin, polifenol, tanin, dan vitamin C yang mampu menonaktifkan tumor dan virus.

  • Apel

Apel mengandung pektin dan karoten yang di dalamnya memiliki serat yang dapat dengan mudah larut di dalam air sehingga mampu untuk memperbaiki otot-otot pencernaan serta membantu mendorong sisa-sisa makanan pada saluran pembuangan.

  • Alpukat

Alpukat mengandung lemak yang tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan yang lain. Akan tetapi, lemak yang ada di dalam buah alpukat adalah lemak tak jenuh yang mampu menurunkan serum kolesterol jenuh.

  • Stroberi

Stroberi mengandung banyak kekayaan. Stroberi berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol jahat. Hal tersebut juga sudah dibuktikan dengan sejumlah penelitian.

  • Jambu Biji

Jambu Biji kaya akan vitamin C dan kandungan pektin yang tinggi yang sangat ampuh dalam membantu menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh.

  • Blueberry

Blueberry mengandung komponen Pterostilbene yang memiliki kemampuan untuk menstimulasi protein reseptor yang ada dalam sel sehingga memiliki peran dalam menurunkan kadar kolesterol serta lemak yang ada di dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top