Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Amankah Ibu Hamil Makan Pedas?

Amankah Ibu Hamil Makan Pedas?

amankah-ibu-hamil-makan-pedas. Amankah ibu hamil makan pedas? Sepertinya memang pertanyaan ini selalu muncul dalam berbagai acara baik diskusi mengenai kehamilan ataupun mungkin anda sedang berkumpul dengan ibu-ibu di sekitar rumah anda. Karena memang hal ini masih menjadi pertanyaan yang terus terbayang oleh seorang ibu hamil dan beberapa jawaban yang diberikan pun sering kali kurang meyakinkan.

Berbicara mengenai ibu hamil, memang lebih cenderung memiliki tubuh yang sensitive dan tak heran jika ketika anda hamil pun banyak pantangan yang harus anda hindari. Hal ini dilakukan tentunya demi menjaga kesehatan ibu hamil agar senantiasa dalam keadaan fit karena kondisi tubuhnya sangat mempengaruhi janin yang ada dalam kandungan.

Lantas sebenarnya, amankah ibu hamil makan pedas? Banyak obrolan yang mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh makan pedas. Pernyataan ini sebenarnya tidak salah tetapi hanya kurang tepat. Ibu hamil pun boleh makan pedas asal masih dalam batas normal karena pada dasarnya bayi dalam kandungan anda tidak akan terpengaruh dengan makanan pedas yang dimakan oleh sang ibu. Yang menjadi bahaya adalah ketika anda sebagai ibu hamil, makan pedas secara berlebihan dan seperti yang anda ketahui bahwa pada orang normal yang sedang tidak hamil pun memang tidak dianjurkan untuk makan pedas berlebih. Hal ini dikarenakan ketika anda makan pedas berlebih, maka anda akan memiliki resiko tinggi terkena diare dan hal ini dapat memicu terjadinya dehidrasi baik pada ibu hamil atau bayi dalam kandungan anda dan hal ini dapat memicu terjadinya kontraksi.

Selain itu, makan pedas secara berlebih juga dapat meningkatkan pelepasan prostaglandin dan hal ini pun menyebabkan otot halus menginduksi kontraksi. Kontraksi yang terjadi saat anda makan pedas  seperti halnya ketika anda merasakan akan melahirkan.

Melihat beberapa fakta tersebut, kemudian masyarakat menyimpulkan bahwa makan pedas dilarang untuk ibu hamil tetapi di sini kami menekankan bahwa makanan pedas tidak dilarang, tetapi cukup anda batasi pengkonsumsiannya dengan mempertimbangkan efek samping yang ditimbulkan. Banyak pula slentingan yang beredar di masyarakat bahwa makan makanan pedas dapat menyebabkan rambut tipis pada bayi anda tetapi sampai sekarang hal ini belum terbukti secara ilmiah.

Nah, itulah uraian singkat yang dapat kami berikan untuk anda mengenai amankah ibu hamil makan pedas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top