Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Amankah Mengkonsumsi Madu Saat Hamil Muda?

Amankah Mengkonsumsi Madu Saat Hamil Muda?

. Madu merupakan cairan alami yang dibentuk oleh lebah yang secara alami diperoleh dari sari-sari bunga tumbuhan. Madu yang telah kita kenal baik untuk kesehatan karena dapat membantu menambah kekebalan tubuh. Madu mengandung pemanis alami yang baik dan aman untuk kesehatan. Pemanis alami yang terdapat pada madu tersebut berasal dari air liur lebah yang baik diminum oleh semua orang dari anak-anak hingga orang tua. Namun, pertanyaan yang sering muncul seputar madu adalah amankan mengkonsumsi madu saat hamil? Ternyata banyak ibu hamil yang resah tentang mitos bahwa madu dapat menyebabkan keguguran maupun mitos yang mengatakan bahwa madu dapat memperlambat pertumbuhan janin. Mitos tersebut belum tentu benar, dan mari simak penjelasan lebih lanjut.

mengkonsumsi-madu-saat-hamil

Amankah mengkonsumsi madu saat hamil? Bagi ibu-ibu hamil yang resah mengenai mitos madu untuk kesehatan janin, sebaiknya tidak perlu khawatir lagi. Sebenarnya madu sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin karena mengandung asam folat yang berupa zat yang sangat diperlukan oleh janin. Asam folat sangat bermanfaat untuk masa tumbuh kembang janin di awal masa kehamilan. Asam folat pada madu membantu pembentukan janin di dalam perut sehingga mengurangi risiko cacat pada tubuh janin dan menghindarkannya dari kelainan mental. Kandungan gizi lain pada madu yang sangat baik untuk ibu hamil adalah adanya glukosa dan fruktosa, asam amino, thiamin, riboflavin, niasin, pridoksin, asam askorbat. Selain itu, madu mengandung kalsium yang cukup tinggi, Natrium, zat besi, mangan, magnesium, dan juga sulfur.

Madu yang dihasilkan oleh lebah tersebut dapat digunakan sebagai anti biotik, sehingga sangat baik apabila dikonsumsi setiap hari oleh ibu hamil mulai dari saat hamil muda hingga saat akan melahirkan. Amankah mengkonsumsi madu saat hamil? Sebaiknya pertanyaan tersebut andai abaikan, karena jawabannya sudah tentu aman. Manfaat yang diperoleh oleh ibu hamil adalah seperti mengurangi rasa mual pada masa awal-awal kehamilan, madu juga dapat berfungsi untuk melindungi keracunan pada janin akibat makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu. Rasa panas dalam perut juga dipastikan akan berkurang karena madu yang dicampurkan ke dalam susu khusus ibu hamil dapat berfungsi untuk menetralkan asam lambung. Untuk itu, jangan ragu-ragu mengkonsumsi madu setiap harinya karena banyak manfaat yang akan didapatkan untuk kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top