Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Amankah Suntik Vitamin C Pada Ibu Hamil

Amankah Suntik Vitamin C Pada Ibu Hamil

. Amankah suntik vitamin C pada ibu hamil? Ini adalah pertanyaan yang paling sering menimbulkan keraguan bagi mereka yang akan melakukannya. Pada dasarnya menyuntikkan vitamin C biasa dilakukan untuk mendapatkan kulit yang cerah. Selain itu, vitamin C juga bisa berguna untuk mendongkrak imunitas tubuh. Kemudian suntik vitamin C menjadi begitu populer karena dibarengi dengan iming-iming memutihkan kulit. Memang, menyuntikkan vitamin C menjadi hal yang baik untuk kecerahan kulit, dengan catatan hal ini harus dilakukan dengan dosis yang tepat, teratur, dan di bawah pengawasan dokter. Semuanya akan baik-baik saja jika beberapa syarat tadi diperhatikan.

amankah suntik vitamin C pada ibu hamil

Amankah suntik vitamin C pada ibu hamil? Jawaban pertanyaan ini kemudian muncul. Suntik vitamin C ternyata dapat menjadi suatu hal yang berbahaya bagi janin. Meski merupakan salah satu vitamin yang sangat baik, ternyata hal ini tidak dianjurkan jika dikonsumsi dalam jumlah besar untuk ibu hamil, khususnya di awal kehamilan. Kelebihan dosis vitamin C ternyata bisa memicu adanya keguguran akibat tekanan hormon progesteron. Hal ini tentunya membahayakan bagi ibu hamil, kecuali bagi mereka yang mengalami kelebihan zat besi atau hemochromatosis. Mereka yang punya kelebihan zat besi pada dasarnya memang membutuhkan asupan vitamin C lebih agar cepat diserap tubuh. Jadi, konsumsi vitamin C pada masa awal kehamilan sebaiknya tidak dilakukan secara berlebih. Ibu dan anak akan mengalami risiko berbahaya apabila terlalu banya mendapatkan asupan vitamin C, terlebih jika dilakukan melalui suntikan. Perlu dihindari adanya suntikan, sebab tidak ada yang mampu memastikan secara akurat jarum suntik yang digunakan steril atau tidak. Untuk itu, sebaiknya tidak dilakukan penyuntikan vitamin C pada tubuh ibu hamil.

Jadi, amankah suntik vitamin C pada ibu hamil. Jawaban pastinya adalah tidak. Alasannya adalah risiko berbahaya yang bisa ditimbulkan bagi ibu dan janin yang dikandungnya. Semoga informasi ini berguna, bagi para calon ibu khususnya. Jangan sampai ketertarikan untuk mencerahkan kulit menimbulkan ancaman bagi Anda dan calon bayi yang ada dalam kandungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top