Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Apakah Baik Minum Kopi Saat Menyusui

Apakah Baik Minum Kopi Saat Menyusui

. Minum kopi saat menyusui apakah diperbolehkan? Apakah aman menyusui dan mengonsumsi kopi? Berikut akan kami ulas serba-serbi minum kopi untuk bunda yang sedang menyusui.

Bagi sebagian orang, minum kopi sudah menjadi kebiasaan dan sulit untuk tidak dilakukan. Menikmati aroma kopi di sore hari memang nikmat. Namun ketika anda ingat anda sedang dalam proses menyusui bayi anda, tentu anda akan berpikir ulang. Apalagi ketika mertua anda melihatnya, pasti akan melarang anda minum kopi saat menyusui. Namun amankah minum kopi ketika sedang menyusui? Bagaimana dengan bayi anda? Berikut ulasannya.

minum-kopi-ketika-menyusui

Tidak masalah bila anda minum kopi ketika sedang menyusui. Anda tetap dapat menikmati kopi saat anda menyusui, namun anda perlu membatasi jumlah kopi yang anda minum. Saat menyusui, makanan yang anda konsumsi akan menjadi asupan makanan bagi bayi anda melalui perantara ASI. Karena hal ini, banyak ibu menjadi selektif akan makanan yang boleh dan tidak boleh saat menyusui. Kopi mengandung kafein yang mempunyai efek stimulansia. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada bayi anda, sehingga anda perlu membatasi porsi kopi ketika saat menyusui.

Batasan kopi yang diperbolehkan anda minum saat menyusui adalah 2 hingga 3 cangkir kecil. Namun sebenarnya, tidak hanya kopi yang mengandung kafein. Minuman bersoda, teh dan coklat juga mengandung kafein dengan kadar yang berbeda.  Selain itu, beberapa obat penghilang rasa nyeri juga mengandung kafein. Sehingga anda diharuskan lebih teliti membaca kemasan. Batasan kafein yang boleh anda konsumsi adalah 200 hingga 300 mgram dan tidak boleh lebih dari 300 mg karena akan mempengaruhi tingkah laku bayi anda. Seperti diketahui, kopi bersifat stimulansia. Bila bayi anda menjadi rewel, gelisah, susah tidur dan susah minum ASI, dimungkinkan bayi anda terlalu banyak ikut mengonsumsi kafein. Anda dapat membandingkan, ketika anda minum kopi dan saat tidak minum kopi sewaktu anda sedang menyusui. Amati tingkah laku bayi anda saat anda mengonsumsi dan tidak mengonsumsi kopi atau sumber kafein lainnya.

Berapakah batasan umur bayi saat anda boleh minum kopi saat menyusui? Sebenarnya tidak ada aturan tentang umur bayi anda saat anda minum kopi ketika menyusui. Namun, anda sebaiknya tidak minum kopi bila bayi anda berumur kurang dari 2 bulan. Hal ini karena bayi lebih sensitif terhadap kafein. Apakah minum kopi saat menyusui mempengaruhi produksi ASI? Beberapa penelitian membenarkan hal tersebut. Kopi dapat menurunkan produksi ASI.

Minum kopi saat menyusui memang tidak dilarang, namun ibu harus mengingat batasan yang dikonsumsi sehingga bayi anda tetap aktif dan sehat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top