Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Bagaimana Cara Memompa Asi Yang Benar

Bagaimana Cara Memompa Asi Yang Benar

cara-memompa-asi-yang-benarApakah anda khususnya para ibu menyusui tahu bagaimana cara memompa asi yang baik dan benar? Mungkin anda yang disibukkan dengan berbagai kegiatan sehingga memaksa anda untuk meninggalkan buah hati anda, sudah mahir dalam melakukannya. Namun, bagi anda yang biasanya selalu menyusui dan terpaksa harus meninggalkan anak anda untuk beberapa waktu akan kerepotan mengenai bagimana sebenarnya cara memompa ASI yang benar.

Memang pada dasarnya memompa ASI yang benar adalah berasal dari naluri sang ibu. Anda sebagai ibu menyusui secara alami akan dapat melakukannya meskipun tanpa pengetahuan mengenai hal ini. Namun, tidak ada salahnya jika anda pun mengetahui mengenai bagaimana cara yang benar sehingga akan menimbulkan dampak yang baik untuk anda sang ibu menyusui ataupun ASI yang dihasilkan yang nantinya akan diminum oleh anak anda.

Cara memompa ASI yang benar dapat anda lakukan dengan mudah dan jika anda tertarik untuk mengetahui ulasannya, silahkan anda simak uraian berikut ini.

Cara memompa ASI yang baik dan benar

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam cara memompa ASI yang benar yaitu melihat alat yang akan anda gunakan. Jika anda menggunakan pompa listrik, maka sebaiknya anda tempatkan breast cup di dada anda lalu anda putar mesin dan secara otomatis mesin akan memompa ASI. Menggunakan pompa listrik ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit, tetapi jika anda menggunakan pompa manual, biasanya membutuhkan waktu hingga 45 menit.
  2. Terlebih dahulu anda pastikan bahwa breast cup yang anda pakai sudah sesuai dengan ukuran payudara sehingga tidak akan menimbulkan efek samping yaitu terasa sakit pada bagian payudara. Jangan lupa untuk selalu membersihkan bagian pompa untuk mencegah munculnya bakteri yang dapat menginfeksi putting susu anda.
  3. Sebelum anda memulai untuk memompa, terlebih dahulu anda cuci tangan dan kompres payudara anda dengan handuk yang lembut. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi pembengkakan pada payudara anda.
  4. Langkah selanjutnya dalam cara memompa ASI yang baik dan benar yaitu dengan menempatkan ibu jari dan jari lainnya berhadapan dengan tepi dari aerola, lalu lakukan gerakan dengan mendorong jari ke dinding dada untuk mengeluarkan susu. Pastikan wadah sudah anda siapkan dan tampun ASI kemudian tutp rapat.

Setelah anda mendapatkan cukup ASI, lakukan cara menyimpan ASI yang benar untuk menjaga kualitas ASI selama penyimpanan. Bagimana? Cukup mudah bukan untuk mengikuti cara memompa ASI yang benar di atas? Semoga uraian di atas dapat memberikan manfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top