Kabar Sehat
You are here: Home / Kecantikan / Bagaimana Cara Mencegah Penuaan Dini?

Bagaimana Cara Mencegah Penuaan Dini?

. Sebagai seorang wanita, tentunya kita selalu menginginkan kulit yang cantik dan kenyal setiap saat. Tentu saja banyak wanita yang tidak ingin mengalami penuaan dini. Banyak sekali wanita yang merasa jengkel dengan berbagai permasalahan kulit yang mengganggu, seperti kulit kering, jerawat di wajah, atau kerutan halus. Nah, sekarang yang menjadi permasalahan adalah bagaimana jika timbul kerutan-kerutan halus yang mengganggu penampilan? Tidak perlu khawatir karena ada cara ampuh untuk mencegah penuaan dini tersebut. yuk, simak ulasannya.

bagaimana-cara-mencegah-penuaan-dini

  •  Konsumsi buah

Kulit terbentuk dari serat kolagen serta elastin yang bertindak menjadi protein yang menjaga kesehatan kulit. Saat kulit mengalami peregangan, protein tersebut membuat kulit kembali ke bentuk semula. Nah, saat seseorang mengalami penambahan usia, maka bersamaan dengan itu juga akan membuat jaringan serat melemah serta kulit kehilangan struktur yang mensupport dukungan. Kolagen yang hilang akan menjadikan kulit lebih tipis. Untuk itulah, konsumsi buah-buahan secara teratur untuk menjaga ketersediaan kolagen yang akan mencegah terjadinya penuaan dini.

  • Paparan sinar matahari

Cara mencegah penuaan dini selanjutnya adalah dengan menghindari paparan sinar matahari langsung. Perlu diketahui bahwa secara garis besar, penuaan dini sebenarnya bisa dihindari, salah satunya dengan menjauhi terik matahari. Pasalnya, sinar ultraviolet dari matahari menembus ke dalam kulit yang akhirnya menyebabkan kerusakan pada serat elastic kulit yang membuat kulit berubah menjadi keriput. Tidak hanya itu, sinar matahari juga menjadi salah satu penyebab timbulnya bintik hitam.

  • Menerapkan pola hidup sehat

Pola hidup sehat memang harus selalu diterapkan oleh setiap manusia. Pola hidup yang sehat juga ternyata mampu mencegah penuaan diri. Seperti yang diketahui bahwa kondisi kulit mendapatkan pengaruh dari nutrisi yang disantap sehari-hari. Jika anda melakukan kebiasaan yang kurang sehat maka akan mempengaruhi terjadinya penuaan dini, seperti :

  • Merokok

Merokok dapat membuat kerutan di wajah lebih cepat terjadi. Hal ini dikarenakan adanya penurunan aliran darah ke bagian wajah serta kerusakan yang terjadi akibat bahan kimia beracun di dalam asap. Tidak hanya itu saja, perokok juga kerap kali menyipitkan mata saat menjaga asap dari mata, sehingga inilah yang juga menjadi faktor timbulnya keriput di wajah.

  • Alkohol

Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan (lebih dari satu gelas sehari untuk wanita, dua untuk pria) merupakan kebiasaan yang buruk bagi tubuh, termasuk kulit. Pada umumnya, pecandu alcohol tidak menerapkan pola hidup sehat (makan-makanan sehat) yang kemudian merampas nutrisi yang diperlukan kulit untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

Nah, sudah tahu kan cara-cara mencegah penuaan dini dengan mudah? Jadi, tunggu apalagi? Dapatkan kulit cantik dan sehat lebih lama mulai dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top