Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Wanita / Bagaimana Cara Mengatasi Keputihan

Bagaimana Cara Mengatasi Keputihan

Cara-Mengatasi-Keputihan. Mengatasi keputihan sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan keputihan tersebut. Bagi wanita, keputihan merupakan hal yang menjengkelkan. Keputihan membuat merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri. Apalagi bau tidak sedap yang mungkin muncul saat keputihan membuat wanita menjadi kurang percaya diri.

Keputihan adalah infeksi yang terjadi pada organ wanita dan dapat menjadi suatu gejala penyakit. Keputihan merupakan indikasi adanya infeksi pada vagina. Keputihan sendiri sebenarnya tidak berbahaya. Namun jangan menyepelekan. Bila keputihan tidak berbau dengan warna putih atau bening tergolong normal. Namun bila muncul rasa gatal dan nyeri bisa menandakan gejala penyakit pada organ kewanitaan anda. Selain itu bau tidak sedap dan warna keputihan kekuning-kuningan juga merupakan gejala adanya penyakit pada organ kewanitaan anda sehingga cara mengatasi keputihan tergantung pada gejalanya.

Sebelum mengetahui bagaimana mengatasi keputihan, sebaiknya anda mengetahui faktor-faktor penyebab keputihan terlebih dulu. Beberapa faktor dapat menjadi pemicu munculnya keputihan antara lain: stres, kurangnya bersihnya organ kewanitaan, penggunaan obat tertentu (pil KB, obat hormonal) dan infeksi jamur.  Berikut ulasan bagaimana mengatasi keputihan, baik secara alami maupun dengan obat, serta cara mencegah agar keputihan tidak kembali lagi.

Cara mengatasi keputihan:

  • Rutinlah membersihkan organ kewanitaan anda dengan sabun pembersih khusus wanita. Jangan menggunakan sabun mandi karena dapat merubah pH dan menyebabkan mudah terkena infeksi.
  • Bersihkan daerah kewanitaan dengan air rebusan sirih setiap mandi dan buang air kecil.
  • Jagalah agar daerah kewanitaan anda tetap kering, jika perlu gunakan pantyliner.

Cara mengatasi keputihan dengan obat, belilah krim antijamur di apotek dan minumlah obat antijamur seperti metronidazol. Mengatasi keputihan dengan obat dilakukan bila keputihan sudah parah. Mengatasi keputihan secara tradisional sebagai berikut:

Daun Sirih

Cara penggunaannya cukup mudah. Ambil 10 lembar daun sirih segar kemudian masak dengan air hingga mendidih. Pakailah air ini untuk mencuci organ kewanitaan. Air ini dapat mengatasi keputihan dan untuk mencegah datang kembali.

Kunyit

Kunyit mengandung senyawa antibakteri yang efektif untuk mengobati keputihan. Caranya parut kunyit kemudian tambahkan asam jawa dan gula jawa ke dalam air perasan tersebut. Minumlah rutin 2 kali sehari satu setengah gelas.

Selain cara mengatasi keputihan, anda juga perlu mencegah agar keputihan tidak datang kembali. Cara mencegah keputihan datang kembali:

  • Jangan memakai celana yang terlalu ketat.
  • Hindari stress
  • Rutinlah membersihkan organ kewanitaan anda.

Itulah ulasan cara mengatasi keputihan dan mencegahnya datang kembali. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top