Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Bagaimana Cara Mengobati Ruam Popok Pada Bayi

Bagaimana Cara Mengobati Ruam Popok Pada Bayi

Bagaimana Cara Mengobati Ruam Popok Pada Bayi Yang Kemerahan ?

KonsultasiSehat.com. Ruam dan juga infeksi sangat sering dijumpai pantat bayi. Hal ini dikarenakan oleh pemakaian popok yang sudah basah atau lembab dalam waktu lama.

bagaimana cara mengobati ruam popok pada bayi

Inilah penyebab yang membuat pantat bayi anda mengalami ruam berwarna kemerahan. Bahkan jika hal ini dibiarkan terus menerus maka pantat bayi anda akan mengalami infeksi. Kondisi ini membuat para ibu semakin waspada. Sebenarnya bagaimana cara mengobati ruam popok pada bayi? Haruskah ibu mengoleskan krim-krim pada pantat bayi? Untuk menjawab pertanyaa itu, maka simak pembahasan berikut ini.

Inilah beberapa tips bagaimana cara mengobati ruam popok pada bayi :

  • Setelah bayi anda terlalu lama memakai popok, bersihkan pantat bayi anda kemudian angin-anginkan sebentar. Proses mengangin-anginkan pantat bayi ini dapat membuat sirkulasi udara pada pantat bayi sehingga pantat bayi tidak lembab.
  • Jangan pernah menggosok area pantat bayi yang terkena ruam saat membersihkan pantat bayi. Cukup bersihkan dengan mengalirkan air ke pantat bayi. Jangan pula menggosoknya pada saat anda mengelapnya denga handuk. Cukup tepuk pelan-pelan dengan handuk yang berbahan lembut.
  • Terkadang ada bayi yang alergi terhadap suatu popok dengan bahan tertentu. Oleh sebab itu gantilah popok bayi dengan merek yang lain jika anda masih menemukan ruam pada pantat bayi.
  • Jika ruam disebabkan oleh jamur, maka anda juga dapat mengoleskan salep anti jamur. Anda juga dapat mengoleskan krim bayi untuk mengobati ruam. Pastikan krim tersebut mengandung zinc oxyde.
  • Segera pergi ke dokter jika ruam pada pantat bayi anda masih belum hilang.

Sebagai upaya pencegahan agar tidak terjadi ruam pada pantat bayi anda, anda harus mengangin-anginkan terlebih dahulu pantat bayi anda sebelum memakai popok baru. Anda juga harus mengganti popok bayi anda selama 5 jam sekali. Hal ini untuk menghindari pemakaian popok basah yang terlalu lama. Oleh sebab itu selalu bawa popok cadangan kemanapun anda dan buah hati anda pergi. Demikian tips bagaimana cara mengobati ruam popok pada bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top