Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Beberapa Jenis Imunisasi untuk Bayi yang Baru Lahir

Beberapa Jenis Imunisasi untuk Bayi yang Baru Lahir | imunisasi untuk bayi baru lahir

. Bayi adalah dambaan bagi seluruh sepasang suami istri apalagi bayi tersebut adalah anak pertama, pastinya sangat dinanti-nantikan. Setelah bayi itu lahir keluar dari perut ibunya tentunya ia akan merasakan hal yang baru atau asing karena sembilan bulan ia sudah terbiasa berada di dalam rahim sang ibu. Karena itu makanan sekaligus minuman yang wajib diberikan sang ibu ialah ASI. Karena di dalam ASI terdapat banyak zat-zat yang banyak mengandung nutrisi salah satunya untuk kekebalan tubuh si bayi. Namun, ASI saja tidak cukup karena itu si bayi juga wajib di imunisasi. Imunisasi ialah suatu tindakan untuk memberikan kekebalan dengan cara memasukkan vaksin ke dalam tubuh. Artikel ini akan membahas imunisasi untuk bayi baru lahir.

imunisasi-untuk-bayi-baru-lahir

Beberapa jenis imunisasi untuk bayi baru lahir antara lain ialah pertama, BCG untuk memberikan kekebalan pada penyakit TBC, biasanya setelah dua minggu imunisasi terjadi pembengkakan dan kemerahan pada bekas tempat suntikan. Kedua, DPT untuk memberikan kekebalan pada penyakit difteri, batuk rejan, dan tetanus, biasanya bayi akan panas di sore hari dan akan hilang setelah 1-2 hari, di tempat bekas suntikan biasanya akan merah dan bengkak sakit tapi tidak berbahaya. Ketiga, Polio untuk memberikan kekebalan pada penyakit poliomeilitis, biasanya imunisasi jenis ini tidak ada efek sampingnya bagi si bayi. Keempat, HB untuk memberikan kekebalan pada penyakit hepatitis B, biasanya sama seperti imunisasi Polio yang tidak ada efek sampingnya.

Selain empat imunisasi di atas juga ada imunisasi campak untuk memberikan kekebalan pada penyakit campak. Itulah beberapa jenis imunisasi untuk bayi baru lahir. Imunisasi-imunisasi tersebut dapat dilakukan di Posyandu, Puskesmas, Bidan, Dokter praktek, Rumah Sakit bersalin, dan Rumah sakit. Imunisasi sangatlah penting diberikan bagi bayi baru lahir karena imunisasi dapat memberikan kekebalan tubuh untuk menghindari penyakit, mencegah cacat, dan kematian. Memang beberapa imunisasi di atas ada yang mahal, untuk itu pemerintah membantu para keluarga yang tidak mampu dengan mengadakan program imunisasi gratis di Posyandu atau Puskesmas. Untuk mencegah ketidaktahuan atau kelalaian bagi para orang tua maka pemerintah juga mengadakan program pengenalan imunisasi bagi para calon ibu atau calon ayah di di daerah-daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top