Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Penyakit / Beberapa Mitos dan Fakta Mengenai Diabetes yang Perlu Diketahui

Beberapa Mitos dan Fakta Mengenai Diabetes yang Perlu Diketahui | mitos dan fakta tentang diabetes

. Sebelum kita masuk membicarakan mengenai mitos dan fakta tentang diabetes, kita terlebih dahulu perlu mengetahui apa itu penyakit diabetes. Diabetes atau biasa disebut kencing manis atau penyakit gula terjadi karena kadar gula dalam darah meningkat karena gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin. Gejala umumnya sendiri antara lain seperti sering buang air kecil, mudah merasa lelah, cepat dan sering merasa haus, juga sering merasa lapar (hal tersebut dipengaruhi oleh kadar insulin yang ada dalam tubuh) luka pada tubuh lama sembuhnya, penglihatan melemah, warna kulit menjadi lebih gelap terlebih pada leher terdapat bintik-bintik hitam, dan sebagainya.

mitos-dan-fakta-tentang-diabetes

Pembahasan selanjutnya ialah mitos dan fakta tentang diabetes yang perlu diketahui agar kita tidak terkecoh mengenai penyakit diabetes tersebut. Beberapa mitosnya antara lain pertama, orang kegemukan atau obesitas itu pasti menderita diabetes. Kedua, penderita diabetes harus menghindari buah yang berkarbohidrat, padahal buah memiliki indeks glikemik rendah dan baik untuk tubuh tentunya berbeda dengan nasi putih atau olahan tepung lainnya. Ketiga, harus berolahraga keras dan atau tidak berolah raga, yang benar ialah penderita diabetes harus berolahraga secara teratur  dan seimbang sama seperti orang lain pada umumnya. Keempat, diabetes bukan penyakit yang serius, padahal jika terdeteksi dan diobati sejak dini dapat membunuh orang perlahan dari dalam.

Setelah membahas mengenai mitos tentang diabetes yang beredar di masyarakat selama ini, maka perlu kita tahu fakta mengenai penyakit diabetes. Pertama, diabetes adalah penyakit nomor satu dari gagal ginjal di dunia. Kedua, diabetes merupakan pembunuh diam-diam karena sering tanpa ada gejala awal. Ketiga, penderita diabetes menjadi rentan terkena stroke dan masalah jantung atau bisa dikatakan penderita diabetes memiliki resiko dua kali lebih besar untuk terkena stroke dan penyakit jantung. Itulah pembahasan beberapa mitos dan fakta tentang diabetes. Semoga dengan artikel ini, kita dapat membedakan mana mitos dan fakta yang benar mengenai diabetes. Dan tentunya, kita dapat mendeteksi lebih dini mengenai penyakit diabetes tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top