Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Beragam Khasiat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

Beragam Khasiat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

Nama kacang hijau pastinya sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Bahan makanan ini memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Bahan pangan yang masuk ke dalam keluarga polong-polongan tersebut memiliki protein nabatin yang cukup tinggi. Di Indoneisa sendiri, kacang hijau seringkali dijadikan bahan pembuatan makanan misalnya onde-onde, bakpau, sampai bubur.

Manfaat-Kacang-Hijau-Untuk-Kesehatan-Dan-Kecantikan

Akan tetapi, tahukah anda bahwa ternyata kacang hijau juga mengadung mineral seperti kalsium dan fosfor. Tidak hanya itu, kacang hijau juga memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang baik bagi jantung. Di bawah ini adalah beberapa manfaat mengonsumsi kacang hijau, yakni :

  • Menurunkan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah

Dengan memakan kacang hijau ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung serat makanan yang cukup tinggi serta memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah, memperlancar proses pencernaan, menjaga fungsi usus.

  • Mencegah kanker payudara

Kacang hijau juga memiliki kandungan lainnya yakni zat yang mampu memperlambat replika sel kanker, yang termasuk sel kanker yang dapat menyerang payudara. Diketahui bahwa zat itu mampu mencegah formasi sel-sel tumor yang membahayakan tubuh

  • Diabetes

Kacang hijau memiliki tingkat indeks glikemik yang rendah. Sehingga, kacang hijau sangat baik dikonsumsi bagi para penderita diabetes

  • Menjaga sistem kekebalan tubuh

Kacang hijau mengandung protein sebesar 3,16 gram per cangkir. Dengan kandungan protein tinggi inilah, kacang hijau diklaim sebagai alternatif makanan bagi yang tidak biasa atau tidak suka memakan daging. Tidak hanya itu saja, kacang hijau memiliki kolesterol jahat dan kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan yang ada dalam daging. Protein begitu penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Jika anda tidak mengkonsumsi cukup protein, maka anda akan menderita penyakit kwasiorkor, mengalami kerontokan rambut, hingga busung lapar.

  • Membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut

Kacang hijau mengandung protein dan zat seng yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan kuku. Tidak hanya itu saja, kacang hijau juga berkhasiat untuk meremajakan kulit karena adanya kandungan phytoestrogen yang membantu memproduksi kolagen serta dapat menjaga kuli tetap lembut, elastis dan menghindari penuaan dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top