Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Bolehkah Minum Es Saat Hamil Muda?

Bolehkah Minum Es Saat Hamil Muda?

. muda sebenarnya bukan hal yang dilarang karena pada dasarnya es tidak membahayakan bagi perkembangan janin. Tapi memang mungkin saat ini kepercayaan dari masyarakat yang melarang keras seorang ibu yang sedang hamil untuk mengkonsumsi es.

minum-es-saat-hamil-mudaEs sebenarnya menjadi salah satu minuman pantangan ibu hamil karena mitos yang beredar di masyarakat. Menurut beberapa ahli kandungan menyatakan bahwa sebenarnya yang berbahaya bagi ibu hamil itu adalah beberapa jenis minuman es yang memiliki rasa manis, jadi bukan terletak pada es tersebut, misalnya anda doger, es sirup dan lain sebagainya. Rasa manis tersebut menimbulkan resiko bayi anda lebih besar karena asupan kalori lebih banyak, yang tidak lain berasal dari glukosa yang terkandung dalam minuman yang anda minum.

Konsumsi glukosa berlebih ketika hamil selain dapat membuat bayi anda yang relative lebih besar juga dapat berakibat pada kenaikan kadar gula darah pada ibu hamil meningkat. Dan seperti yang anda ketahui bahwa memang ibu hamil pu memiliki resiko lebih tinggi terkena diabetes jika dibanding wanita tidak hamil dan hal ini disebabkan oleh perubahan sistem hormonal. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa minum es saat sebenarnya tidak dilarang asalkan tidak berlebih karena seperti yang kita ketahui bahwa sesuatu yang berlebihan memang memiliki dampak yang kurang bagus terlebih untuk tubuh ibu hamil.

Mitos yang beredar masyarakat selain mengenai minum es untuk ibu hamil muda juga mengenai makan pedas. Memang yang namanya mitos sedikit banyak mempengaruhi pola pikir masyarakat dan sebenarnya kita hanya kurang mampu menelaahnya saja. Memang pada dasarnya makan pedas tidak akan mempengaruhi perkembangan bayi yang ada dalam kandungan anda, hanya saja jika anda makan berlebih, efeknya akan terjadi diare. Nah, kejadian inilah yang paling dikhawatirkan karena diare ini dapat menyebabkan dehidrasi baik pada ibu hamil ataupun bayi yang ada dalam kandungan. Dengan alasan inilah maka makan pedas sebaiknya jangan dimakan ketika anda sedang hamil, seperti halnya minum es yang juga disarankan untuk tidak diminum atau tidak berlebihan ketika meminumnya.

Baik minum es ataupun makan makanan pedas bagi anda yang sedang hamil ataupun tidak sebaiknya memang anda batasi. Hal ini tentunya untuk membantu menjaga kesehatan tubuh anda karena minum es sebenarnya juga tidak memberikan efek apapun untuk kesehatan kecuali sebagai penghilang dahaga.

Demikian uraian yang dapat kami berikan mengenai minum es saat hamil muda dan juga makan makanan pedas di saat hamil. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top