Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Umum / Bolehkah Minum Kopi Setelah Minum Obat?

Bolehkah Minum Kopi Setelah Minum Obat?

. Minum kopi setelah minum obat sebenarnya dianjurkan atau tidak? Berbicara mengenai minum obat memang agak sedikit rumit, karena memang untuk beberapa obat tidak dianjurkan untuk diminum bersama beberapa minuman. Namun, jika ditanya, apakah boleh minum kopi setelah minum obat? Sebaiknya jangan pernah anda lakukan.

minum-kopi-setelah-minum-obatKopi merupakan salah satu minuman yang kaya akan kandungan kafein, di mana senyawa ini dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat. Beberapa jenis obat yang dapat berinteraksi dengan kafein sebenarnya dapat anda ketahui dari khasiat obat itu sendiri. Kafein sendiri bekerja dengan menstimulasi otak dan juga jantung, oleh karena itu jenis obat-obatan yang mempengaruhi kedua organ inilah yang mampu berinteraksi dengan kafein pada kopi.

Banyak obat yang dapat menimbulkan interaksi dengan kafein pada kopi dan untuk itu, minum kopi setelah minum obat memang tidak dianjurkan. Beberapa contoh obat tersebut di antaranya yaitu efedrin dan juga fenilpropanolamin yang biasanya terkandung dalam obat flu atau untuk mengatasi hidung tersumbat. Kedua obat ini dapat memicu kerja jantung sehingga jika setelah minum obat ini kemudian anda minum kopi, maka kerja jantung akan semakin cepat dan hal ini kurang bagus untuk kesehatan anda.

Selain jenis obat flu, obat asma seperti teofilin juga sangat tidak dianjurkan untuk minum kopi setelah mengkonsumsi obat ini. Teofilin memiliki sifat yang hampir sama dengan kafein sehingga dikhawatirkan jika anda minum teofilin kemudian minum kopi, maka kadar kafein dalam darah akan melebihi dosis dan efeknya akan bersifat toksik. Golongan obat lain yang juga memiliki sifat hampir sama dengan kafein yaitu obat antidepresi, antipsikotik, antibiotic untuk golongan kuinolon dan juga pil KB. Beberapa golongan obat ini sebaiknya memang anda perhatikan mengenai aturan minum, jangan sampai anda lalai minum kopi setelah anda minum obat.

Sebagai saran jika anda salah satu penggemar kopi dan tidak bisa yang namanya satu hari pun tidak minum kopi, setelah minum obat berikan jeda 2 hingga 3 jam baru kemudian anda minum kopi. Jeda waktu tersebut memberikan kesempatan bagi obat agar terserap sempurna dan ketika anda minum kopi akan mengurangi resiko terjadinya interaksi obat.

Apabila anda minum obat memang lebih baik menggunakan air putih untuk lebih amannya. Semoga uraian di atas mengenai bahaya minum kopi setelah minum obat dapat membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top