Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Obat / Cara Alami Mengatasi Luka Bakar dengan Madu

Cara Alami Mengatasi Luka Bakar dengan Madu | cara mengobati luka bakar dengan madu

. Dewasa ini, sudah banyak ditemukan obat-obat baru yang bisa menyembuhkan luka bakar dengan cepat. Bahkan, dalam beberapa jenis obat luka bakar tertentu, ia mampu menyembuhkan luka dengan tanpa meninggalkan bekas sedikit pun. Sangat menarik bukan? Namun, walaupun kini obat-obat instan lebih banyak diburu oleh masyarakat, keberadaan obat alami tak jarang mendapatkan perhatian lebih. Hal ini terutama terjadi di kalangan orang-orang menengah ke bawah. Selain karena faktor harga obat instan yang cukup mahal, obat alami lebih dipilih karena tidak memiliki efek samping apapun. Nah, salah satunya adalah madu. Berikut adalah cara mengobati luka bakar dengan madu yang lebih lengkap.

cara-mengobati-luka-bakar-dengan-madu

  1. Siapkan madu secukupnya. Lebih diutamakan jika anda menggunakan madu asli dan yang masih alami tanpa campuran bahan apapun. Hal ini sangat sesuai dengan apa yang disarankan oleh James F. Balch dan Phyllis A. Balch dalam karyanya Prescription for Nutritional Healing.
  2. Oleskan madu asli pada luka secara merata. Sebaiknya, anda tidak mengoleskannya menggunakan tangan (kecuali jika tangan anda sudah benar-benar steril). Sebab, jika tangan anda mengandung bakteri, maka bisa jadi luka bakar anda justru malah akan menjadi lebih parah.
  3. Biarkan cairan madu mengering selama kurang lebih 20 sampai 30 menit.
  4. Setelah kering, bilas dengan air hangat menggunakan handuk halus.
  5. Lakukan langkah-langkah di atas secara teratur beberapa kali dalam sehari untuk penyembuhan secara maksimal.

Terkait dengan fungsinya sebagai penyembuh luka bakar, madu memiliki peran penting dalam regenerasi kulit. Selain itu, madu juga bersifat mendinginkan, mengurangi nyeri, dan juga membantu proses menghilangkan luka. Dalam proses penyembuhan luka, zat oksida eglukosa akan mengurai dan aktif pada pH asam. Zat ini berfungsi memecah glukosa madu menjadi hydrogen peroksida. Hydrogen peroksida sendiri dapat menjadi zat antiseptic yang penting dalam tahap pemulihan kulit setelah mengalami luka. Dengan begitu, jika anda menerapkan cara mengobati luka bakar dengan madu ini, maka kesembuhan anda akan berlangsung lebih cepat dan tentunya aman tanpa efek samping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top