Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak Pada Anak

Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak Pada Anak

Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak pada Anak, Ampuh dan Tanpa Efek Samping

KonsultasiSehat.com. Ada rasa was-was ketika anak anda terserang penyakit. Bahkan penyakit yang biasa seperti batuk. Memang penanganan batuk pada anak kecil berbeda dengan orang dewasa.

cara alami mengobati batuk berdahak pada anak

Konsumsi obat batuk kimia lumrah, bahkan orang dewasa cukup membelinya di warung depan rumah. Namun untuk anak anda, lebih baik hindari cara demikian. Anak-anak sangat sensitif dengan bahan obat kimia, lebih baik anda menggunakan cara alami mengobati batuk berdahak pada anak. Lebih aman dan lebih murah, namun tidak kalah efektif jika dibandingkan dengan obat kimia. Apa saja resep obat tradisional yang bisa anda buat di rumah? Simak beberapa resepnya di bawah ini.

Resep yang pertama memanfaatkan daun sirih yang dicampur jahe. Siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, daun sirih sebanyak 7 lembar dan 2 ruas jahe ukuran sedang serta air secukupnya untuk merebus nanti. Cuci hingga bersih daun sirih, dan kupas jahe. Rebus daun sirih dan jahe dengan air sebanyak 2 gelas.

Tunggu air rebusan hingga menjadi 1 gelas saja. Gunakan air rebusan daun sirih dan jahe sebagai cara alami mengobati batuk berdahak pada anak. Konsumsi obat tradisional tersebut minimal sekali dalam sehari, atau paling tidak 2 kali dalam sehari agar batuk lekas sembuh.

– Resep obat tradisional yang kedua adalah gabungan kecap dan jeruk nipis. Obat tradisional ini yang paling terkenal di masyarakat untuk mengatasi obat batuk. Apalagi bahannya mudah ditemukan di dapur anda. Siapkan satu butir jeruk nipis, peras, dan ambil air perasannya. Siapkan 2 hingga 3 sendok makan kecap. Campurkan kedua bahan tersebut, lalu gunakan sebagai pengobatan batuk untuk anak kecil. Dalam beberapa hari, batuk si kecil akan mereda.

– Resep obat batuk yang lainnya yaitu menggunakan madu, dan air jeruk nipis plus air. Hampir sama dengan cara alami mengobati batuk berdahak pada anak di atas. Campurkan semua bahan, lalu rebus selama beberapa saat. Konsumsi air rebusan 1 sendok makan sebanyak 4 kali sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top