Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Cara Alami Mengobati Batuk Pilek Pada Ibu Hamil

Cara Alami Mengobati Batuk Pilek Pada Ibu Hamil

Langkah Tepat Sebagai Cara Alami Mengobati Batuk Pilek Pada Ibu Hamil

KonsultasiSehat.com. Seorang ibu yang sedang hamil sangat rentan untuk terserang suatu penyakit. Hal ini disebabkan oleh zat antibodi yang dimilikinya tidak hanya bekerja untuk melindungi tubuh sang ibu saja melainkan juga anak dalam kandungannya. Oleh sebab itu dalam kondisi hamil, sudah sepatutnya sang ibu untuk selalu menjaga kesehatannya.

cara alami mengobati batuk pilek pada ibu hamil

Sebab kesehatan sang ibu juga dapat mempengaruhi kesehatan janin yang sedang dikandungnya. Penyakit batuk dan pilek mungkin terdengar sepele. Namun jika tidak ditangani dengan tepat maka dapat membahayakan kesehatan. Apalagi jika kedua penyakit tersebut menyerang anda ketika anda sedang dalam kondisi hamil. Karena itu anda perlu mengetahui cara alami mengobati batuk pilek pada ibu hamil.

Penanganan penyakit batuk dan pilek pada ibu hamil tentu saja berbeda dengan orang dalam kondisi normal. Mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas di pasaran belum tentu aman untuk kesehatan kandungan anda. Oleh sebab itu melakukan cara alami adalah hal yang terbaik.

  1. Konsumsi banyak air putih. Air putih dapat membantu untuk menghilangkan racun dalam tubuh termasuk kuman-kuman penyebab batuk dan pilek. Air putih yang hangat juga akan membantu untuk melegakan hidung dan tenggorokan anda.
  2. Teh hangat. Selain air putih, teh hangat juga membantu untuk membuat hidung serta tenggorokan anda menjadi rileks.
  3. Istirahat cukup. Ketika seseorang terserang batuk dan pilek, sistem imun atau kekebalan tubuh pasti menurun. Beristirahat yang cukup dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  4. Buang lendir. Di saat lendir keluar dari hidung, segera buang lendir itu dan jangan menyedotnya. Sebab lendir berisi kuman dan bakteri penyebab pilek. Jika tidak dibuang, maka pilek tidak akan sembuh dan dapat menyebabkan penyakit lainnya.

Itulah beberapa cara alami mengobati batuk pilek pada ibu hamil. Sebenarnya anda boleh mengonsumsi obat-obatan, namun harus dalam pengawasan dokter. Agar kesehatan anda serta janin dalam kandungan anda tetap terjaga, sebaiknya jaga pola makan anda dengan mengonsumsi makanan sehat, kaya serat dan protein serta perbanyak mengonsumsi buah-buahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top