Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Alami Mengobati Demam Pada Orang Dewasa

Cara Alami Mengobati Demam Pada Orang Dewasa

Cara Alami Mengobati Demam Pada Orang Dewasa yang sederhana

KonsultasiSehat.com. Demam dapat terjadi pada segala jenis kalangan, anak-anak, remaja, dan dewasa. Demam atau sering disebut meriang merupakan penyakit dengan suhu panas di atas rata-rata.

cara mengobati demam pada orang dewasa

Proses meningkatnya suhu menyebabkan sang penderita menggigil, karena penderita merasa dingin. Biasanya demam ini terjadi pada anak-anak, tetapi tak jarang juga para orang dewasa terkena demam. Demam dapat ditangani sendiri dengan bahan-bahan alami, karena penyakit ini tidak terlalu serius. Cara alami mengobati demam pada orang dewasa cukup sederhana dan dilakukan sebagai pertolongan pertama.

Untuk pengobatan dapat melakukan beberapa hal:

  1. Banyak mengkonsumsi cairan. Demam dapat menyebabkan banyak kekurangan cairan, sehingga penderita bisa mengalami dehidrasi. Sebaiknya banyak minum air putih, disarankan air hangat. Banyak minum jus untuk menambahkan vitamin dalam tubuh Anda.
  2. Mandi air hangat. Terkadang ketika sakit demam menghindari untuk mandi. Sebenarnya ketika Anda mandi pori-pori terbuka dan panas akan keluar melalui pori-pori tersebut dan panas akan cepat menurun.
  3. Kumur dengan air garam. Demam biasanya juga mempengaruhi saluran pernafasan. Dengan kumur air garam dapat melegakan tenggorokan. Ini memang terdengar seperti saran untuk mengobati sakit gigi, tetapi ini juga ampuh sebagai cara mengobati demam pada orang dewasa.
  4. Jangan berolahraga. Hindari melakukan aktifitas selama 3-4 hari, hal ini untuk memberikan tubuh kekuatan dalam melawan virus di tubuh yang masih berperang dengan tubuh Anda.
  5. Hindari mengkonsumsi kafein dan alkohol. Hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol. Minuman yang mengandung bahan tersebut dapat memperparah deman karena bahan itu justru dapat menyebabkan tubuh menjadi kering.

Cara alami mengobati demam pada orang dewasa memang tidak begitu sulit. Demam bisa diatasi sendiri dengan penanganan yang baik. Istirahat yang cukup untuk membantu tubuh dalam meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh dapat melawan virus yang akan menyerang tubuh.

Sebaiknya Anda banyak mengkonsumsi makanan hangat, seperti sup dan rempah-rempah yang dapat melegakan saluran pernafasan dan tenggorokan. Bagi perokok juga hindari merekok terlebih dahulu. Perokok pasif maupun aktif dapat memperburuk demam. Merokok memang dapat menghangatkan tubuh, tetapi itu justru dapat memperburuk demam. Tetap konsumsi buah dan sayur untuk menambah vitamin bagi tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top