Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Alami Mengobati Hidung Tersumbat Pada Bayi

Cara Alami Mengobati Hidung Tersumbat Pada Bayi

3 Cara Alami Mengobati Hidung Tersumbat Pada Bayi

KonsultasiSehat.com. Untuk menangani dan merawat bayi yang baru saja lahir memang memerlukan suatu tindakan yang ekstra hati-hati. Apalagi jika bayi juga sedang mengalami masalah pada kesehatannya.

cara alami mengobati hidung tersumbat pada bayi

Beberapa penyakit yang sering menyerang bayi adalah panas, batuk dan pilek. Pilek atau penyakit influenza tersebut merupakan salah satu dari masalah kesehatan ringan tapi bila terjadi pada bayi, hal ini bisa dirasa sangat mengkhawatirkan. Hal tersebut dapat dikatakan demikian karena pada umumnya bayi masih belum bisa mengeluarkan ingusnya sendiri.

Untuk anak-anak saja dalam mengeluarkan ingus masih perlu bimbingan orang yang lebih tua dulu. Maka dari itu minimal anda harus mengetahui cara alami mengobati hidung tersumbat pada bayi. Cara-cara yang dilakukan tentunya harus aman dan berguna untuk bayi.

Berikut ini adalah cara alami mengobati hidung tersumbat pada bayi

  1. Menggunakan nasal aspirator

Anda dapat mengguankan alat untuk menghisap ingus  memang khusus dan bisa ditemukan atau didapatkan di apotek. Tapi anda perlu menyeterilkan alat ini terlebih dahulu sebelum digunakan. Anda bisa memasukkannya kedalam air panas terlebih dahulu agar kuman-kuman yang ada dialat tersebut mati. Kemudian anda dapat memasukkan alat tersebut ke dalam lubang hidung bayi dengan perlahan agar tidak mengalami iritasi.

  1. Meneteskan larutan garam

Larutan garam yang digunakan pada hidung bayi ini biasa disebut dengan nasal saline.  Larutan ini bisa diteteskan pada hidung bayi dengan menggunakan bantuan pipet. Dengan begitu ingus bisa lebih encer dan akan keluar dengan sendirinya.

  1. Memijat hidung bayi

Anda dapat memberi bayi pijatan-pijatan lembut pada hidung bayi. Saat memijit anda dapat menggunakan alat bantu seperti minyak, balsam dan bahan pelembut. Dengan begitu pernafasan bayi bisa menjadi lebih landar karena ingus akan keluar.

Demikianlah beberapa cara alami mengobati hidung tersumbat pada bayi. Cara-cara yang telah disebutkan sebelumnya tentunya sangat aman dilakukan pada bayi. Tapi anda hanya perlu berhati-hati dalam melakukannya agar bayi merasa lebih rileks atau nyaman dan bayi juga tidak mengalami iritasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top