Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Alami Mengobati Mata Merah Dan Gatal

Cara Alami Mengobati Mata Merah Dan Gatal

Cara Alami Mengobati Mata Merah Dan Gatal Dengan Susu Dan Air

KonsultasiSehat.com. Hampir semua orang pastinya pernah mengalami mata merah dan gatal. Penyebab mata merah tersebut adalah terjadinya peradangan pada pembuluh darah pada mata. Peradangan pembuluh darah seringnya diakibatkan oleh iritasi baik debu, polusi, atau kebiasaan tangan mengucek mata.

cara alami mengobati mata merah dan gatal

Meski hampir semua orang pernah mengalami mata merah dan gatal, tidak semuanya tahu bagaimana langkah tepat yang harus diambil untuk mengatasinya. Oleh karena itu, kali ini akan dibahas mengenai cara alami mengobati mata merah dan gatal.

  1. Susu murni

Jangan terburu-buru bahwa susu yang dimaksud disini adalah susu sachet atau susu kental manis karena hal tersebut sama sekali tidak benar. Susu yang dibahas adalah susu murni tanpa bahan pengawet apapun. Caranya, celupkan kapas ke mangkuk yang berisi susu murni, jangan mencelup terlalu dalam, cukup sedikit saja. Lalu setelah itu taruh kapas pada bagian mata yang merah dan gatal lalu tunggu beberapa menit. Ulangi cara ini sampai tiga atau empat kali. Hasilnya bisa langsung dirasakan karena susu memiliki sifat mentralkan racun yang dalam konteks ini adalah debu atau polusi pada mata.

  1. Mencuci Mata

Ketika mata anda terasa gatal, hal pertama yang akan dilakukan adalah menguceknya. Hilangkan kebiasaan tersebut karena hanya akan membuat rasa gatal semakiin parah dan membuat pembuluh darah pada mata meradang. Sebaiknya, anda mencari sumber air mengalir dan mencuci mata anda untuk mengeluarkan kotoran yang masuk. Lebih baik lagi jika air yang digunakan untuk mencuci adalah air dingin. Selain bersih, air dingin memberikan efek menenangkan pada mata sekaligus relaksasi.

Kedua cara tersebut memang ada yang sederhana dan kurang sederhana. Seperti pada pengobatan dengan susu murni, memang dirasa kurang praktis. Namun, jika hal tersebut dilakukan dengan rutin dan tekun, maka kulit pada bagian mata anda akan menjadi lebih halus, kenyal, dan cerah. Susu juga mampu menyamarkan noda hitam dan keriput. Banyak bukan manfaat yang bisa diperoleh? Semoga cara alami mengobati mata merah dan gatal ini berguna serta dapat diaplikasikan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top