Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Alami Mengobati Panas Dalam Pada Anak

Cara Alami Mengobati Panas Dalam Pada Anak

Simak Cara Alami Mengobati Panas Dalam Pada Anak Berikut Ini

KonsultasiSehat.com. Di cuaca yang tak menentu seperti saat ini dan ditambah dengan pola makan yang buruk akan membuat anak mudah terserang penyakit seperti panas dalam. Panas dalam disebabkan banyak faktor. Mulai dari kurang mengonsumsi air putih, terlalu banyak makan makanan pedas, berminyak, berpenyedap rasa serta jajan sembarangan.

cara alami mengobati panas dalam pada anak

Efek yang ditimbulkan dari panas dalam ini biasanya berupa sakit tenggorokan, sakit saat menelan atau menguyah makanan, bahkan timbulnya sariawan. Jika sudah demikian alhasil si anak pun akan kehilangan nafsu makan dan malas untuk makan. Sebab akan sangat sakit dan perih jika sariawan atau tenggorokan terkena makanan.

Penggunaan obat tertentu dapat menyembuhkan penyakit ini. Namun biasanya menimbulkan rasa perih yang luar biasa. Berikut ini terdapat beberapa cara alami mengobati panas dalam pada anak yang tidak perih.

  1. Air kelapa muda. Air kelapa muda ini sama dengan es degan yang biasanya ditemukan di pinggir jalan. Air kelapa muda mengandung zat antioksidan yang baik. Air kelapa muda ini pastinya disenangi oleh anak-anak. Rasanya tidaklah sulit untuk menyuruh anak-anak meminumnya. Namun perlu diperhatikan bahwa ketika panas dalam, tidak boleh mengonsumsi es. Jadi cukup air kelapa mudanya saja.
  2. Bubur kacang hijau. Sejak TK sepertinya anak-anak sudah diperkenalkan bubur kacang hijau oleh sekolahnya. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah sebagai obat untuk menyembuhkan sariawan dan panas dalam. Kacang hijau juga memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk membuang racun-racun dari dalam tubuh.
  3. Buah-buahan. Bujuk anak anda untuk mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti pisang, jeruk, pepaya, mangga dan tomat. Rasa buah yang manis pastinya akan disukai oleh anak-anak.

Anda dapat lakukan cara alami mengobati panas dalam pada anak yang sudah dijelaskan itu. Cara tersebut sangat aman dan dijamin anak anda tidak akan merasakan perih pada sariawannya. Panas dalam dan sariawan memang harus ditangani dengan cepat dan tepat. Sebab jika tidak maka dapat terjadi infeksi dan semakin parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top