Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak

Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak

Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak

KonsultasiSehat.com. Polusi udara ditambah lagi dengan anomali cuaca yang kini semakin sering terjadi merupakan faktor yang dapat dengan mudah menyebabkan munculnya penyakit radang tenggorokan.

cara alami mengobati radang tenggorokan pada anak

Hal ini terjadi karena adanya infeksi yang disebabkan oleh virus seperti firus influenza dan bakteri streptokokus A yang mudah menyebar melalui udara, makanan, dan minuman. Radang tenggorokan memang bukan tergolong penyakit berat tetapi tetap saja mengganggu aktivitas dari penderitanya. Terlebih lagi jika yang menderita penyakit tersebut adalah anak-anak.

Gejala seperti sakit tenggorokan berupa pembengkakan amandel yang kemerahan dan kadang disertai bercak-bercak putih pada amandel, kemudian demam tinggi, sakit kepala, bintik-bintik merah di belakang langit mulut, susah menelan dan juga nyeri pada persendian merupakan gejala yang dialami ketika menderita radang tenggorokan. Untuk itu diperlukan cara alami mengobati radang tenggorokan pada anak agar lebih aman untuk tubuh anak.

Ada beberapa cara alami mengobati radang tenggorokan pada anak yang dapat dilakukan oleh ibu, pertama yakni dengan memberikan air rebusan bawang putih kepada anak, lebih baik lagi jika anak dapat mengunah langsung bawang putih tersebut. Mengapa bawang putih? Karena bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat membunuh bakteri.

Kedua, berikan parutan jahe dan campur dengan madu murni dan tambahkan sedikit air hangat agar menyamankan tenggorokan anak anda. Ketiga, minumlah jus lemon yang ditambahkan dua sendok makan madu. Ingat jangan ditambahkan gula, karena akan memicu gatal pada tenggorokan anak. Lemon digunakan sebagai pereda sakit radang tenggorokan karena banyak mengandung nutrisi seperti vitamin A, vitamin B, riboflavin, karbohidrat, protein, fosfor, kalsium dan magnesium.

Itulah beberapa cara alami mengobati radang tenggorokan pada anak yang dapat dilakukan dengan mudah oleh ibu. Semoga informasi tersebut bermanfaat dalam membantu ibu memerangi penyakit radang tenggorokan yang diderita oleh anak. Usahakanlah melakukan pengobatan alami dan jangan terlalu banyak atau sering memberikan obat-obatan pada anak anda karena terlalu banyak dan sering memberikan konsumsi obat-obatan akan berdampak buruk bagi kesehatan anak anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top