Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Aman Memandikan Bayi Yang Baru Lahir Secara Benar

Cara Aman Memandikan Bayi Yang Baru Lahir Secara Benar

. Memandikan bayi yang baru lahir memang dibutuhkan ketelitian yang sangat tinggi. Bayi yang baru lahir masih terlalu sensitive untuk dimandikan, apalagi pada saat minggu-minggu pertama ketika bayi baru lahir masih memiliki “puput”. Perawatan bayi baru lahir harus disertai pengawasan dari dokter atau bidan supaya bayi benar benar terkontrol kesehatanya. Pada dasarnya semua dokter atau bidan melarang untuk memandikan bayi dengan cara direndam di bak menggunakan air hangat. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi iritasi terhadap kulit bayi yang masih sensitive, namun ada beberapa cara aman memandikan bayi yang baru lahir yang harus dilakukan secara benar oleh para ibu. Cara- cara tersebut adalah :

cara-aman-memandikan-bayi-yang-baru-lahir

  • Menyiapkan perlatan mandi si kecil seperti baskom kecil, anduk yang super lembut, sabun dan shampoo khusus bayi, jangan pernah memakai shampoo untuk orang dewasa karena mengandung bahan-bahan yang sensitive terhadap kulitr bayi.
  • Buka baju si kecil secara perlahan dan hati-hati, bungkuslah dengan handuk halus dan baringkan di atas alas anti air.
  • Agar si kecil  tidak kedinginan dan masuk angin, tuutupi bagian tubuhnya yang sedang tidak anda bersihkan dengan handuk.
  • Bersihkan kelopak mata si kecil bagian atas perlahan dengan waslap yang sudah direndam air hangat dan diperas, cara aman memandikan bayu yang baru lahir ini untuk menghindari air masuk ke mata si kecil.
  • Bersihkan dengan waslap atau kain halus lipatan-lipatan di leher, tangan dan kakinya kemudian usap telinga bayi bagian luar, lakukan;ah secara lembut ketika sedang mengusap-usap atau saat ,membersihkan menggunakan waslap.
  • Usapkan shampoo bayi ke rambut si bayi, lakukanlah dengan perlahan dan hati-hati, setelah itu berikan sabun sampai keluar busanya menggunakan waslap, setelah itu waslapnya dibersihkan sampai tidak keluar busa dan usap secara perlahan bagian-bagian tubuh si bayi.

Cara-cara diatas merupakan cara aman memandikan bayi yang baru lahir agar bayi anda tetap bersih. Namun ada satu bagian pada saat sedang memandikan bayi yang baru lahir yaitu ketika sedang membersihkan alat kelamin bayi. Jika bayi anda adalah laki-laki dan belum disunat, usapkan waslap ke bagian ujungnya saja secara perlahan. Setelah proses mandi sudah selesai gunakan popok dan baju serta lindungi tali pusar si bayi dengan lipatan popok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top