Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Cepat Mengobati Cacar Air Pada Anak

Cara Cepat Mengobati Cacar Air Pada Anak

Bagaimana Cara Cepat Mengobati Cacar Air Pada Anak?

KonsultasiSehat.com. Cacar air adalah infeksi yang menyerang permukaan kulit dan disebabkan oleh virus Varicella zoster. Penyakit yang dalam bahasa medisnya disebut juga Varicella simplex ini sering dianggap sebagai penyakit yang umum terjadi manusia baik golongan anak-anak maupun dewasa. Sifat penyakit ini terkategori sangat cepat menular dan ditandai dengan munculnya bintik-bintik gelembung berisi air di permukaan kulit. Umumnya cacar air memiliki bentuk khas mirip tetesan embun berisi cairan bening.

Cara-Cepat-Mengobati-Cacar-Air-pada-Anak

Daerah yang diserang pertama kali biasanya punggung dan bagian dada. Anak-anak menjadi kelompok yang rawan terserang cacar air karena mereka belum mandiri menjaga kesehatannya sendiri. Lakukanlah cara cepat mengobati cacar air pada anak jika tanda-tanda Varicella simplex mulai muncul.

Adapun gejala yang awam terlihat pada anak yang terserang cacar air ialah; terjadinya flu ringan, demam atau peningkatan suhu badan, perut mual, sakit kepala, serta hilangnya nafsu makan. Kemudian bintil-bintil merah berukuran kecil mulai tampak dan terus berkembang ke area kulit kepala hingga sekitar alat kelamin. Bintil berair tersebut akan terasa gatal utamanya jika terkena keringat.

Para ahli kesehatan menyarankan agar jangan sengaja memecah paksa bintil-bintil cacar air karena efeknya luka akan mengering lebih lama. Berikut ini hal-hal yang dapat Anda lakukan sebagai cara cepat mengobati cacar air pada anak:

  1. Berikan parasetamol sebagai langkah awal menurunkan demam dan meredakan nyeri. Sebaiknya konsultasikan dosisnya pada dokter sesuai dengan usia anak Anda.
  2. Untuk mengurangi risiko dehidrasi, cobalah berikan banyak cairan.
  3. Berikan obat yang dapat mengatasi gatal pada bintil cacar air seperti lotion kalamin.
  4. Pastikan kuku anak Anda tetap pendek untuk mengantisipasi garukan yang akan menyebabkan cacar air bertambah parah dan terinfeksi.
  5. Gunakan sabun anti-septik untuk memandikan anak Anda yang bertujuan mengurangi tingkat gatal.
  6. Kenakan pakaian yang longgar serta berbahan katun yang dapat mengurangi kegerahan sehingga meminimalisir keringat.
  7. Sebagai langkah terakhir dalam tahapan cara cepat mengobati cacar air pada anak, yaitu periksakanlah anak Anda pada dokter jika ternyata infeksi menyerang hingga menyebabkan bintil-bintil bernanah.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat bagi para pembaca website ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top