Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Membersihkan Lubang Telinga Bayi Secara Tepat

Cara Membersihkan Lubang Telinga Bayi Secara Tepat

. Membersihkan telinga terhadap bayi sangat perlu dilakukan oleh para orang tua untuk membersihkan kotoran pada telingan si bayi. Dalam melakukan pembersihan telinga, orang tua harus rutin melakukanya secara periodic agar tidak terjadi hambatan pada pendengaran si bayi. Jika orang tua mengabaikan untuk membersihkan telingan si bayi, beberapa hal yang tidak diinginkan pun akan dialami oleh si bayi seperti kotoran yang tidak dibersihkan akan menyumbat dan menumpuk bahkan ada yang mengeras sehingga sangat menganggu pendengaran atau bahkan jadi penyakit bagi si bayi. Beberapa cara membersihkan lubang telingan bayi harus dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidaj terjadi cedera pada telinga si bayi.

cara-membersihkan-lubang-telinga

Dalam membersihkan telinga bayi, para orang tua wajib mengetahui cara membersihkan lubang telinga bayi secara aman dan tepat. Beberapa hal diantaranya yang harus dilakukan adalah membersihkan telinga si bayi pada saat sedang mandi. Pada saat bayi sedang mandi, anda bisa dengan mudah membersihkan telinga si bayi karena kondisi sedang basah sehingga kotoranya pun akan mudah dibersihkan. Gunakn kain yang lembut dan lembab untuk membersihkan bagian luar telinga, setelah itu bersihkan bagian lipatan dalam telinga denagn lembut dan perlahan untuk menghindari iritasi. Dalam membersihkanya gunakan juga air hangat agar dapat menghilangkan sel kulit mati di sekitar telinga si bayi sehingga kulit si bayi terjaga kebersihanya.

Selain cara diatas, ada beberapa hal dalam cara membersihkan lubang telinga bayi yang harus dihindari. Yang pertama adalah jangan pernah menggunakan kapas pada saat sedang membersihkan lubang telinga. Jika memakai kapas atau lebih sering dikenal dengan istilah cutton bud, hal yang ditakuti adalah ketika kapas tertinggal di dalam telinga si bayi. Hal ini bisa menyebabkan sesuaatu yang serius karena kapas bisa mengendap ataupun masuk ke gendang telinga. Kalopun menggunakan cutton bud, gunakan ujungya saja dan bersihkan secara perlahan dan hati-hati. Periksa dengan seksama untuk memastikan tidak ada kapas yang tertinggal di bagian dalam telinga bayi sehingga tidak akan menimbulkan hal-hal yang dapat merusak pendengaran si bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top