Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mencari Sakit Cacar Air Pada Anak

Cara Mencari Sakit Cacar Air Pada Anak

Tips atau Cara Mencari Sakit Cacar Air Pada Anak yang Perlu Orang Tua Ketahui

KonsultasiSehat.com. Cacar air (Varicella) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella Zoster yang menyebabkan kulit gatal, bentol-bentol melepuh seperti ruam di permukaan kulit. Cacar air dapat menyerang siapapun, baik itu bayi, anak-anak, maupun orang dewasa. Cacar air bisa menular dari seseorang yang sedang terinveksi virus cacar tersebut, kepada orang lain ataupun pada mereka yang telah tervaksinasi cacar pada masa bayi dahulu. Menurut ceritanya, sakit cacar air ini akan dialami oleh setiap orang hanya satu kali dalam seumur hidup mereka.

Cara-Mencari-Sakit-Cacar-Air-Pada-Anak

Namun, ada beberapa orang yang sudah pernah mengalami sakit cacar kemudian mengalaminya lagi. Nah bagaimana cara mencari sakit cacar air pada anak yang perlu orang tua ketahui?

Berikut ini adalah cara mencari sakit cacar air pada anak yang dapat dilakukan oleh orang tuanya dengan mengenali gejala-gejalanya:

  • Mengenali gejala sakit cacar air pada anak merupakan cara mencari sakit cacar air yang tepat yang harus orang tua ketahui. Gejala pertama itu adalah demam tinggi yang diderita oleh anak hingga 3 hari atau lebih, kehilangan nafsu untuk makan, dan pusing.
  • Muncul gejala kedua yaitu adanya bentol-bentol merah yang kemudian berisi cairan bening dan terlihat melepuh seperti ruam di permukaan kulit.
  • Gejala yang ketiga adalah gatal-gatal pada seluruh permukaan kulit yang terdapat bentol-bentol merahnya. Sulit untuk menahan rasa ingin menggaruknya, namun jika bentolan itu digaruk sampai memecah akan terasa lebih sakit.

Setelah orang tua mengetahui cara mencari sakit cacar air pada anak diharapkan orang tua akan lebih peka dan lebih tanggap lagi terhadap kondisi anaknya. Terutama adalah bagi mereka anak-anak yang sedang sakit yang memang sudah memenuhi kriteria terserang penyakit cacar air tersebut. Cara mengatasi sakit cacar ait tersebut dapat dilakukan dengan membasuhkan air hangat ke permukaan tubuh atau dengan cairan antiseftik, keringkan dengan hati-hati, taburkan bedak pada bentolan yang masih utuh.

Jangan memecahkan bentolan secara sengaja atau mengelupas koropeng sendiri karena bisa menyebabkan infeksi kulit, biarkan bentolan pecah sendiri atau keropeng yang sudah kering mengelupas sendiri. Oleskan saja salep antiseftik pada benjolan yang sudah pecah sampai kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top