Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mencari Sakit Gigi Pada Anak Kecil

Cara Mencari Sakit Gigi Pada Anak Kecil

Cara Mencari Sakit Gigi Pada Anak Kecil dengan Mudah

KonsultasiSehat.com. Gigi sebenarnya dilindungi oleh enamel yang berfungsi untuk mencegah kerusakan gigi. Tapi enamel tersebut juga dapat mengalami erosi atau terkikis. Jika hal tersebut sudah terjadi, maka kesehatan gigi bisa terancam.

cara mencari sakit gigi pada anak kecil

Apalagi pada anak kecil gigi mudah sekali mengalami kerusakan karena pada umumnya anak kecil masih belum memiliki kesadaran untuk merawat giginya dengan cara menggosok giginya secara teratur. Anak kecil padahal sangat menyukai makanan manis yang sebenarnya bisa memicu terkena gigi berkubang yang bisa membuat gigi sakit. Maka dari itu jika anak sudah merasakan sakit gigi, cara mencari sakit gigi pada anak kecil harus dilakukan sebelum kesehatan gigi semakin parah.

Salah satu penyebab yang paling umum dari terjadinya erosi enamel adalah asam. Mulut akan menjadi sangat asam saat akan meminum atau memakan makanan dengan pH yang rendah. maka dari itu cara mencari sakit gigi pada anak kecil salah satunya yang mudah adalah dengan memperhatikan kondisi mulut.

Jika mulut kondisinya sehat, maka air liur akan memiliki sifat yang sedikit basa dan tidak akan membahayakan enamel. Ini karena saat mengonsumsi makanan dan minuman yang asam, pH mulut akan menurun dan resiko terkena enamel akan meningkat. Makanan dan minuman yang asam contohnya adalah seperti jus buah, acar, minuman ringan, saus salad dengan cuka, dan makanan atau minuman dengan kadar asam yang tinggi lainnya.

Cara mencari sakit gigi pada anak kecil lainnya yang mudah adalah dengan memperhatikan keadaan gigi. Sakit gigi lainnya adalah bisa dilihat dari gigi yang menguning karena enamel akan mengekspos bagian bawah dentin sehingga warnanya menjadi kuning. Gigi yang mulai rusak biasanya gigi akan keropos dan warnanya berubah menjadi cokelat atau hitam.

Biasanya kerusakan ini terjadi pada gigi bagian depan. Jika gigi yang berlubang biasanya terjadi pada gigi geraham dan rasanya akan sakit jika kerusakannya sudah sangat parah. Sakit gigi seperti ini biasa disebut dengan karies. Jadi enamel yang aus akan membentuk rongga pada gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top