Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengatasi Batuk Dan Pilek Pada Bayi Usia 1 Bulan

Cara Mengatasi Batuk Dan Pilek Pada Bayi Usia 1 Bulan

Tips Sederhana Cara Mengatasi Batuk dan Pilek Pada Bayi Usia 1 Bulan

KonsultasiSehat.com. Walaupun umur bayi anda masih dalam hitungan beberapa hari, kemungkinan bayi anda terjangkit penyakit tertentu sangat terbuka lebar.

cara mengatasi batuk dan pilek pada bayi usia 1 bulan

Penyebab bayi  terserang penyakit tersebut ialah karena mekanisme daya tahan tubuh bayi masih belum kuat dan berjalan sempurna, maka memberikan vaksin berbagai penyakit kepada anak atau bayi anda sangatlah penting.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi batuk dan pilek pada bayi usia 1 bulan. Penyakit pilek merupakan salah satu penyakit yang paling banyak dijumpai pada bayi yang baru lahir. Penyakit flu atau pilek ini disebabkan oleh virus dari kelompok RNA. Namun ada juga penyakit pilek yang disebabkan oleh Bakteri.

Untuk mengatasi tersebut orang tua harus melakukan beberapa tindakan pertolongan untuk bayi anda. jangan panik terlebih dahulu, atasi semua permasalahan secara tenang agar alternatif penyelesaian bisa dipilih yang paling terbaik. Dalam artikel kali ini kita akan membahas tips sederhana mengenai Cara mengatasi batuk dan pilek pada bayi usia 1 bulan.

Cara-cara yang akan disampaikan disini merupakan cara-cara yang sederhana namun tetap efektif menyembuhkan penyakit pilek. Gejala penyakit ini diantaranya hidung tersumbat dan keluar lendir atau cairan dari dalam hidung bayi anda, yang diikuti dengan demam, biasanya berlangsung 2-3 hari. Cara mengatasinya, pertama jangan pernah berpikir untuk menghentikan pemberian ASI. Air susu ibu ini sangat penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bayi.

Pemberian ASI saat bayi anda pilek bisa membantu tubuh melawan virus atau bakteri penyebab pilek. Disamping itu pemberian ASI langsung tanpa menggunakan botol bisa membantu mencegah penyebaran bakteri ke telinga. Hal ini dikarenakan gerakan eustachius saat menghisap ASI bisa menutup saluran Eustachius.

Kedua, jika suhu tubuh mencapai sampai 38,5 derajat celcius, berikan segera obat penurun panas khusus untuk bayi. Ketiga, jangan terburu-buru memberikan antibiotic, hal ini dikarenakan tidak semua pilek disebabkan oleh bakteri,melainkan juga oleh virus. Demikian pembahasan Cara mengatasi batuk dan pilek pada bayi usia 1 bulan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top