Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi Usia 6 Bulan

Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi Usia 6 Bulan

Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi Usia 6 Bulan dengan Langkah yang Tepat

KonsultasiSehat.com. Batuk yang terjadi pada bayi disebabkan karena virus yang menyerang pada saluran pernapasan. Untuk bayi yang masih berusia di bawah satu tahun pasti akan sangat mudah terserang batuk.

cara mengatasi batuk pada bayi usia 6 bulan

Apalagi jika ada anggota keluarga yang sedang sakit batuk kemudian berdekatan dengan baik. Hal ini sangat mungkin bayi akan tertular penyakit batuk. Untuk mengantisapinya jangan dekatkan orang yang sedang sakit pada bayi. Sistem imun bayi masih sangat lemah. Untuk itu jaga sebaik mungkin agar bayi tidak ikut tertular. Jika bayi sudah terkena batuk, maka cara mengatasi batuk pada bayi usia 6 bulan perlu langkah yang tepat dan jangan gegabah. Sangat penting mengenal terlebih dahulu batuk yang diderita bayi.

Ada beberapa langkah tepat untuk membuat sakit batuk pada bayi segera sembuh. Cara mengatasi batuk pada bayi usia 6 bulan yang pertama bisa menggunakan ramuan penghangat. Yaitu dengan membuat kencur yang telah dikupas, kemudian dipotong kecil-kecil. Setelah dipotong kecil-kecil selanjutnya campurkan dengan minyak telon.

Karena masih bayi jadi sebaiknya jangan terlalu panas, jika menggunakan minyak kayu putih bisa jadi akan terlalu panas untuk bayi. Usapkan dan pijat pada bayi yang baru mandi. Atau jika bayi bersin-bersin terus, maka bagian lehernya bisa diolesi ramuan herbal ini. Dengan ramuan herbal tersebut maka bayi akan terasa hangat. Dan sebisa mungkin rutin melakukan pemijatan hangat ini pada tubuh bayi.

Selain dengan kencur dan minyak telon, bisa juga kencur diganti dengan bawang merah. Cara mengatasi batuk pada bayi usia 6 bulan ini mirip dengan cara menggunakan kencur tadi. Jadi bawang merah yang telah dikupas bersih, kemudian dicuci. Setelah dicuci potong kecil-kecil seperti akan membuat bawang goreng tapi yang ini sangat lembut dan kecil.

Kemudian campurkan minyak telon secukupnya. Bawang merah ini fungsinya sama seperti kencur yaitu mampu menghangatkan badan. Jika anda rutin mengobati bayi dengan ramuan tradisional ini, maka bayi akan cepat sembuh. Tujuannya jelas agar batuknya segera hilang dengan terus diusapkan ramuan hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top