Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Cara Mengatasi Darah Rendah Pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Darah Rendah Pada Ibu Hamil

Beberapa Cara Mengatasi Darah Rendah pada Ibu Hamil

KonsultasiSehat.com. Kondisi hamil merupakan kondisi yang sangat tidak menguntungkan jika pada masa ini sang ibu mengalami tekanan darah rendah. Ibu hamil sering mengeluhkan pusing, badan yang cepat lelah dan mata yang berkunang-kunang. Pada saat hamil, seseorang sangat diawasi dalam pemakaian obat.

cara mengatasi darah rendah pada ibu hamil

Untuk itu, cara mengatasi darah rendah pada ibuhamil harus menggunakan cara yang sangat aman bagi kondisi ibu dan janin yang sedang dikandung. Mengkonsumsi makanan yang bergizi merupakan langkah awal yang harus dilakukan ibu hamil pada saat mengalami tekanan darah rendah. Selain baik bagi ibu, makanan yang mengandung banyak nutrisi sangat baik bagi janin. Janin yang dikandung akan terpenuhi akan kebutuhan nutrisi dan dapat berkembang dengan baik.

Cara mengatasi darah rendah pada ibu hamil yang dapat dilakukan adalah mengkonsumsi air putih yang banyak dalam sehari. Ibu hamil membutuhkan banyak air yang berguna melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Air juga dapat membantu ibu hamil agar terhindar dari dehidrasi yang disebabkan oleh keluarnya ion-ion dari dalam tubuh karena aktifitas yang dilakukan.

Selain mengkonsumsi air putih, ibu hamil juga dapat membantunya dengan meminum susu ibu hamil. Kandungan asam folat yang terkandung dalam susu ibu hamil dapat membantu pembentukan sel darah merah sehingga dapat terhindar dari anemia. Jika ibu hamil tidak suka mengkonsumsi susu, ibu hamil dapat meminta obat penambah darah kepada bidan atau dokter yang dipercaya sehingga ibu hamil tidak perlu ragu ketika mengkosumsinya.

Ibu hamil sangat mudah merasa letih dan sering merasa kepala berkunang-kunang. Kondisi seperti ini diharuskan bagi ibu hamil untuk melakukan tidur yang cukup. Tidur yang cukup dan berkualitas merupakan kewajiban bagi ibu hamil. Dengan pola tidur yang baik dapat menjaga tekanan darah agar tidak rendah maupun tinggi.

Selain itu ibu hamil juga dapat melakukan senam hamil agar kondisi tubuh tetap prima. Senam hamil dapat membantu ibu hamil merasa rileks dan pikiran tetap tenang. Cara mengatasi darah rendah pada ibu hamil yang seperti ini jarang dilakukan karena ada sebagian orang yang menganggap bahwa senam hamil dapat membahayakan janin yang dikandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top