Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengatasi Deman Pada Anak Balita

Cara Mengatasi Deman Pada Anak Balita | mengatasi demam pada anak balita

. Demam merupakan suatu istilah di mana suhu tubuh lebih dari normal yaitu 36 hingga 37 oC. Namun, pada dasarnya demam bukanlah suatu penyakit dan hanya merupakan sistem pertahanan tubuh yang sedang aktif. Mungkin anda sebagai ibu yang saat ini tengah merawat balita, akan sering menemui anak anda mengalami demam dan anda pun tak perlu panik dan sebaiknya memang harus tetap tenang. Perlu untuk anda ketahui bahwa penyebab demam umumnya adalah suatu infeksi dari virus. Bila tubuh dari balita anda mampu mengatasinya, suhu tubuh akan perlahan turun dengan sendirinya dan pada kondisi ini anda pun tidak perlu melakukan berbagai cara mengatasi demam pada anak balita anda selama anak anda masih aktif dan masih mau bermain.

mengatasi-demam-pada-anak-balita

Demam memang menjadi suatu hal yang biasa dan umum terjadi pada balita. Jika memang dalam waktu tertentu, suhu tubuh anak anda tidak mengalami penurunan, sebaiknya anda sebagai ibu jangan langsung memberikan obat penurun panas. Karena mungkin saja demam tersebut merupakan reaksi tubuh terhadap virus yang kemudian anda berikan obat yang dapat memaksa mematikan virus tersebut. Pada akhirnya hal ini membuat anak anda mengalami ketergantungan terhadap obat tersebut.

Langkah awal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi demam pada anak balita adalah dengan memberikan perawatan dengan beberapa bahan alami. Salah satunya yaitu kunyit yang ternyata dapat anda manfaatkan sebagai zat antibiotik alami. Anda dapat memberikan kunyit sebagai salah satu bahan untuk menangani demam dengan mencampurkannya dengan madu dan kurma untuk menutupi rasa yang kurang enak dari kunyit.

Selain dengan memberikan kunyit sebagai obat alternative pilihan, anda dapat memberikan ASI jika memang anak anda masih aktif minum ASI. Dengan minum ASI akan mencegah terjadinya dehdrasi pada anak balita dan untuk menunjang hal tersebut anda dapat memberikan sedikit demi sedikit air putih. Dalam ASI juga mengandung zat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak anda. Perlu anda perhatikan bahwa selain dengan beberapa langkah di atas, anda juga jangan pernah memakaikan anak anda dengan pakaian yang relative tebal karena hal ini akan memicu terjadinya dehidrasi pada anak anda. Sebaiknya anda menggunakan baju tipis yang mudah menyerap keringat.

Demikian uraian singkat yang dapat kami berikan mengenai beberapa cara mengatasi demam pada anak balita. Semoga memberikan manfaat untuk anda khususnya para ibu yang saat ini tengah merawat anak balita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top