Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Secara Tradisional

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Secara Tradisional

Enam Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Secara Tradisional

KonsultasiSehat.com. Seorang bayi terkadang juga mengalami pilek atau bahkan hidung tersumbat. Ketika masih bayi, tubuh mereka masih belum memiliki respon yang baik untuk mengeluarkan cairan yang menyumbat hidung mereka layaknya orang dewasa.

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi secara tradisional

Oleh karena itu, agar bayi anda terbebas dari kondisi hidung yang tersumbat, ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi secara tradisional. Mari simak pembahasannya berikut ini.

Cara pertama adalah dengam menggunakan larutan garam. Caranya larutkan garam dengan air. Lalu masukkan sedikit tetesan air larutan tersebut memakai sedotan ke dalam hidung bayi dengan perlahan. Cairan nanti akan keluar dengan sendirinya. Cara berikutnya melakukan penguapan alami. Caranya letakkan air panas ke dalam ember kemudian teteskan minyak telon ke air panas tersebut.

Lalu gendong bayi anda dengan posisi telungkup di atas ember, sehingga bayi anda dapat menghirup uap panas dari air panas tersebut. Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi secara tradisional selanjutnya adalah dengan menghangatkan badan bayi. Anda bisa memandikannya dengan air hangat serta mengolesinya dengan minyak telon.

Kondisi hangat dapat membuat bayi merasa nyaman dan melegakan sumbatan pada hidungnya.Cara lain untuk membuat nyaman hidung bayi anda adalah dengan memijat lembut hidungnya. Lakukan pijatan ini di area T dengan olesan minyak telon. Posisi tidur juga bisa mempengaruhi kenyamanan hidung bayi.

Jika hidung bayi anda tersumbat di sebelah kiri, maka anda dapat membuat posisi tidurnya miring ke kanan dan begitu pula sebaliknya. Cara terakhir adalah dengan menggunakan alat penyedot ingus. Penyedot ingus khusus bayi ini dapat anda temukan di apotik. Bersihkan terlebih dahulu lubang penyedot menggunakan alkohol 70% kemudian masukkan botol secara perlahan dan tidak terlalu dalam.

Itulah cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi secara tradisional. Ingatlah untuk tidak menyedot ingus bayi secara oral menggunakan mulut anda. Sebab dengan hal demikian maka bakteri di mulut anda bisa berpindah ke bayi anda. Semoga cara ini dapat menjadi referensi anda untuk merawat buah hati kesayangan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top