Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Penyakit / Cara Mengatasi Hilang Ingatan Jangka Pendek Menurut Ahli Kesehatan

Cara Mengatasi Hilang Ingatan Jangka Pendek Menurut Ahli Kesehatan

. Hilang ingatan jangka pendek atau dalam istilah kesehatannya disebut short-time amnesia, adalah suatu penyakit yang hampir semua orang pasti pernah mengalaminya. Pasti anda pernah lupa menaruh kunci motor atau mobil, lupa menaruh handphone dan barang barang lainnya, atau tiba tiba disaat ingin melakukan sesuatu tiba tiba anda lupa apa hal yang ingin anda lakukan tersebut. Nah, hilang ingatan jangka pendek semacam itu memang tidak berbahaya, namun sangat mengganggu dan kalau dibiarkan akan semakin melemahkan daya ingat kita. Oleh karena itu, mari kita bahas cara mengatasi hilang ingatan jangka pendek atau short time amnesia menurut para ahli kesehatan di paragraf berikut ini.

Cara-mengatasi-hilang-ingatan-jangka-pendek

Cara mengatasi hilang ingatan jangka pendek yang pertama adalah makan makanan yang kaya omega 3 dan DHA. Omega 3 dan DHA berfungsi menjaga enzim enzim yang ada di otak seperti dopamine dan serotonin, sehingga kinerja membran membran di otak akan berjalan lebih lancar dalam tugasnya menghubungkan sensor dari otak ke seluruh jaringan syaraf di tubuh. Omega 3 dan DHA ini banyak terdapat dalam makanan seperti sarden, ikan laut, dan minyak ikan cod/salmon. Kemudian yang kedua adalah mengurangi konsumsi lemak. Batasi konsumsi lemak per hari anda di angka 15-20 persen, karena di atas angka tersebut, lemak akan menimbun di tubuh dan menyumbat arteri, termasuk arteri yang mengalirkan darah dan energi ke otak sehingga dapat menurunkan daya ingat.

Cara mengatasi hilang ingatan jangka pendek selanjutnya adalah olahraga. Ya, olahraga dapat memperlancar metabolisme dan aliran darah tentunya juga metabolisme otak. Survei membuktikan orang yang rajin berolahraga bisa tahan terhadap kepikunan bahkan hingga usia lanjut di atas 60 tahun. Dan, cara yang terakhir yang sederhana namun efektif adalah latihan otak melalui permainan yang banyak berpikirnya. Misal saja, anda bisa bermain video game strategi, catur, atau mengisi teka teki silang. Dengan hal ini, otak akan terbiasa menangkap dan mengingat sensor secara lebih cepat, tepat dan akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top