Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Cara Mengatasi Keram Perut Saat Hamil

Cara Mengatasi Keram Perut Saat Hamil

. Keram perut umumnya pasti dialami oleh wanita hamil. Ada yang mengalami keram perut dengan nyeri berkepanjangan namun ada pula yang mengalami nyeri dan cepat hilang.

mengatasi-keram-perut-saat-hamil

Keram perut adalah suatu keadaan dimana terjadi kontraksi kehamilan pada rahim. Kontraksi kehamilan dianggap wajar sejak trisemester kedua. Sebelum mengetahui cara mengatasi keram perut saat hamil, lebih baiknya anda mengenal beberapa faktor pemicu keram perut.

1. Keguguran

Indikasi kram perut diantaranya adalah keguguran. Keram perut saat hamil juga dapat menyebabkan keguguran. Sehingga anda tidak boleh menyepelekan keram perut pada orang hamil.

2. Kenaikan tekanan darah

Saat masa kehamilan trisemester kedua, ibu hamil umumnya akan mengalami kenaikan tekanan darah atau hipertensi karena kenaikan jumlah protein dalam darah. Hal ini berpengaruh pada pembuluh darah yang dapat memicu munculnya keram perut.

3. Kontraksi Braxton Hicks

Kontraksi atau keram perut saat hamil ini terjadi pada trisemester awal. Hal ini bukanlah tanda akan melahirkan, namun kontraksi untuk menguatkan otot-otot rahim.

4. Infeksi ginjal

Indikasi lain dari keram perut saat hamil yang berkepanjangan adalah infeksi ginjal. Gejalanya adalah keram dan nyeri di perut bagian bawah dan pinggul.

5. Peregangan rusuk

Seiring dengan bertambahnya usia dan ukuran janin, rusuk akan mengalami peregangan. Hal ini dapat memicu munculnya keram perut saat hamil.

Usia kehamilan yang terlalu muda, jika mengalami keram perut mengindikasikan hal yang tidak baik bagi kesehatan ibu dan janin. Keram perut dengan usia kehamilan kurang dari 2 minggu dapat mengindikasikan keguguran sehingga anda perlu mengatasi keram perut saat hamil bila ini terjadi. Keram perut umumnya dialami saat kehamilan trisemester pertama. Jika terjadi pada usia kehamilan 37 minggu ke atas, masih dianggap wajar.

Setelah anda mengetahui beberapa faktor penyebab keram perut saat hamil, berikut ulasan mengatasi keram perut saat hamil.

  • Banyak beristirahat

Cara mengatasi keram perut saat hamil adalah beristirahat. Terlalu banyak melakukan aktivitas dapat memicu munculnya keram perut. Beristirahat dapat mengembalikan asupan oksigen ke peredaran darah di sekitar perut.

  • Konsumsi sayur dan buah

Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi selama hamil, dapat mencegah frekuensi munculnya keram perut. Asupan makanan dapat mengantarkan oksigen ke janin sehingga keram perut dapat diatasi.

  • Hindari stres

Mengatasi keram perut saat hamil yang paling mudah adalah menghindari faktor pemicu stres. Karena stres dapat menimbulkan kram perut.

Demikian tips mengatasi keram perut, semoga bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top