Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengatasi Masalah Anak Malas Belajar Dengan Cepat dan Tepat

Cara Mengatasi Masalah Anak Malas Belajar Dengan Cepat dan Tepat

. Anak yang nilainya jeblok di sekolah salah satu penyebabnya adalah malas belajar. Kalau sudah begini, semua akan terkena imbasnya. Si anak jadi merasa malu dan minder karena nilainya jauh di bawah teman temannya. Sedangkan orang tua akan kena semprot guru atau wali kelas karena dianggap tak mampu mendidik anak dengan benar. Kalau sudah begini, siapa yang salah? Anda tak perlu menyalahkan anak atau diri anda, karena yang harus anda lakukan adalah mencari solusinya. Nah, di artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mengatasi masalah anak malas belajar dengan cepat dan tepat.

 cara-mengatasi-masalah-anak-malas-belajar

Cara mengatasi masalah anak malas belajar yang pertama adalah melakukan pendekatan secara psikologis dengan halus. Tanyakan langsung pada anak anda apa yang menyebabkan dirinya malas belajar. Ingat, dalam bertanya harus menggunakan bahasa yang halus dan tidak boleh emosi apalagi main fisik. Mungkin ia merasa uang jajannya kurang, atau sedang kasmaran dengan teman perempuannya di sekolah. Nah, jika sudah tahu apa akar masalahnya, ajaklah sang anak menyelesaikannya bersama-sama. Misal jika uang jajannya kurang, anda akan memberi sesuai yang diminta namun dengan syarat nilai harus naik, kalau tidak, uang jajan akan diturunkan lagi. Kemudian, faktor lingkungan di rumah juga mendukung rajin tidaknya anak anda belajar. Tidak ada salahnya anda membelikannya meja belajar yang bagus, atau alat tulis yang mahal kalau itu memang bisa mendorong semangat belajar anak, daripada membeli mainan-mainan tak berguna dan sejenisnya.

Berikutnya, cara mengatasi masalah anak malas belajar dengan cepat dan tepat adalah dengan tidak membebani anak itu dengan target yang muluk muluk, seperti harus ranking tiga besar, harus ikut seleksi lomba mapel, dan lain lain. Cukup arahkan anak anda untuk sekedar lolos batas minimal nilai. Kemudian lambat laun ia akan terbiasa dan semakin semangat belajar dan otomatis pencapaiannya pun akan semakin tinggi. Jangan lupa, anda harus berikan apresiasi jika anak telah mencapai standard yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top