Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengatasi Pikun Dini

Cara Mengatasi Pikun Dini

. Pikun atau sering lupa ingatan umumnya dialami oleh orang yang sudah lanjut usia. Namun, untuk saat ini memang penyakit ini bukan hanya dimiliki oleh kaum lanjut usia, anda yang masih remaja pun tidak menutup kemungkinan dapat terkena penyakit pikun dan bahkan untuk saat ini banyak para remaja yang mengalaminya. Untuk itu, ada baiknya jika anda mengetahui cara mengatasi pikun dini sehingga anda pun dapat melakukan langkah antisipasi.

cara-mengatasi-pikun-dini

Pikun merupakan salah satu penyakit degenerative otak progresif yang disebabkan oleh munculnya neurotangles, yaitu adanya plak-plak yang ada di saraf otak. Hal ini akan membuat kerusakan sel-sel otak dan tidak perlu heran jika kemudian kemampuan fungsi otak menurun.

Menurut para ahli, memang untuk penyebab pasti terjadinya pikun belum dapat diketahui. Namun, ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya pikun di antaranya yaitu sering minum alkohol dan juga mengkonsumsi narkoba. Setelah anda mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebab pikun, anda pun dapat menghindari beberapa hal tersebut, tetapi bagi anda yang mungkin saat ini sudah terlanjur mengalami pikun dini tidak perlu merasa khawatir karena pada kesempatan kali ini kami akan memberikan info mengenai cara mengatasi pikun dini. Silahkan anda simak uraiannya berikut ini.

Cara mengatasi pikun dini :

  • Hindari makanan yang berlemak

Makanan yang mengandung lemak dengan kadar tinggi memang kurang berdampak baik untuk kesehatana anda. Perlu anda ketahui bahwa lemak dapat menyebabkan adanya arteroklerosis, berbagai penyakit kardiovaskuler, cerebrovaskuler dan hal inilah yang menjadi penyebab suplay oksigen ke otak menurun. Oleh karena itu, untuk membantu menutrisi otak, anda dapat mengkonsumsi ikan tuna atau salmon yang kaya akan asam lemak omega 3 dan juga DHA yang baik untuk kesehatan otak anda dan membantu mengurangi kinerja kognitif khususnya pada orang tua.

  • Olahraga

Olahraga memang cukup efektif untuk mengatasi pikun dini karena dengan melakukan olahraga dapat menahan laju kepikunan. Selain dapat anda gunakan dalam mengatasi kepikunan, dengan melakukan olahraga pun dapat menekan resiko terjadinya kepikunan karena menurut penelitian menyatakan bahwa orang yang rutin berolahraga memiliki resiko lebih kecil terkena pikun jika dibandingkan dengan anda yang jarang atau bahkan tidak pernah melakukan olahraga. Memang dengan melakukan olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke otak sehingga kebutuhan otak akan oksigen dapat terpenuhi.

  • Latihan otak

Otak adalah organ dalam yang juga membutuhkan latihan untuk senantiasa menjaga kemampuan kognitif anda. Oleh karena itu, dengan rutin melakukan latihan otak dapat menjadi alternative pilihan dalam mengatasi pikun dini. Caranya dapat anda lakukan dengan melakukan beberapa hal seperti bermain catur, diskusi, bermain teka-teki dan banyak hal yang berkaitan dengan mengasah otak.

Demikian uraian yang dapat kami berikan mengenai cara mengatasi pikun dini. Semoga dapat memberikan manfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top