Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi 5 Bulan

Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi 5 Bulan

Berikut Beberapa Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi 5 Bulan

KonsultasiSehat.com. Apakah si kecil yang masih berusia bayi 5 bulan terkena penyakit pilek? bagaimana cara mengatasi pilek pada bayi 5 bulan tersebut? Penyakit flu merupakan sebuah penyakit yang di karenakan virus menyerang saluran pernapasan hidung serta tenggorokan.

cara mengatasi pilek pada bayi 5 bulan

Penyakit pilek tersebut sangat mudah menyerang, terlebih menyerang para bayi yang sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna. Namun jangan merasa khawatir karena  anda bisa mencegahnya dengan cara memaka penutup atau masker ketika sedang berdekatan si bayi atau ketika sedang menyusuinya agar semua virus pilek tidak akan menyebar ke tubuh bayi anda.  Namun apa bila si bayi telah terlanjur terkena penyakit pilek tersebut dan menjadi rewel karena merasakan nyeri di kepala, maka anda harus bertindak.

Apa yang harus anda lakukan? tentunya mencari cara mengatasi pilek pada bayi 5 bulan. Tips pertama biarkan bayi anda untuk banyak beristirahat agar daya tahan tubuh meningkat. Tips ke dua, susui bayi anda dengan ASI eksklusif untuk membantu mengurangi dehidrasi yang di sebabkan karena demam.

Bisa juga anda memberikan air putih untuk si bayi. Tips ke tiga, terus pantau suhu tubuh bayi anda setiap 4 hingga 5 jam sekali sebagai penenru bahwa perlu atau tidak untuk di beri obat penurun panas. Tips ke empat, perhatikan lah sirkulasi udara yang ada di kamar bayi telah mengalir dengan baik.

Kamar bayi yang pengap tentu akan berpengaruh terhadap penyakit yang di deritanya. Penyakit pilek sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa menggunakan obat – obatan selama 4 hingga 10 hari. Tetapi jika rentag waktu 4 hingga 10 hari tersebut si bayi masih saja rewel sebab hidungnya penuh lendir dan napasnya sesak karena asma, maka anda harus segera mencari cara mengatasi pilek pada bayi 5 bulan dengan pergi ke pengobatan medis.

Anda juga bisa untuk mengurangi rasa ketidak nyamanan yang di rasakan bayi dengan cara menjemurnya di bawah matahari pagi hari dan memandikannya dengan menggunakan air hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top