Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengatasi Rasa Nyeri Pada Saat Haid

Cara Mengatasi Rasa Nyeri Pada Saat Haid

Tips Sederhana Cara Mengatasi Rasa Nyeri Pada Saat Haid

KonsultasiSehat.com. Bagi kaum hawa saat masuk periode haid merupakan masa-masa yang bagi sebagian perempuan merupakan masa yang mengganggu.

cara mengatasi rasa nyeri pada saat haid

Mengganggu disini bisa kita artikan mengganggu suasana hati menjadi tidak stabil bisa lebih sensitif, mengganggu aktivitas sehari-hari dan mengganggu waktu istirahat. Perempuan yang sedang datang bulan, biasanya akan merasakan rasa sakit yang teramat sangat, sehingga tidak sedikit dari mereka yang sampai pingsan karena tidak kuat menahan rasa sakitnya.

Sebenarnya mekanisme haid merupakan mekanisme alami tubuh wanita. Hal ini dikarenakan sel telur yang sudah matang tidak dibuahi sehingga harus di buang. Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai tips sederhana cara mengatasi rasa nyeri pada saat haid.

Ada banyak cara mengatasi rasa nyeri pada saat haid, carayang bisa anda lakukan salah satunya dengan mengkonsumsi obat atau minuman khusus bagi wanita yang sedang datang bulan. Obat atau minuman tersebut sudah di jual bebas dipasaran saat ini. atau jika anda enggan mengkonsumsi obat-obatan tersebut, anda bisa juga melakukan beberapa aktivitas tertentu yang bisa mengurangi rasa sakit atau penderitaan saat memasuki periode haid.

Pertama, lakukanlah kegiatan olahraga ringan. Olahraga ringan mampu mengurangi rasa sakit dan juga menghindari rasa sakit saat anda haid, namun ingat jangan melakukan aktivitas olahraga berat karena justru tidak baik an malah membahayakan. Ketiga perbanyak mengkonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung vitamin E, B6, atau minyak ikan

Keempat, konsumsi juga sayuran hijau dan buah-buahan segar, makan juga makanan yang mengandung banyak serat dan rendah lemak. Cara diatas merupakan tips mencegah rasa sakit saat haid. Sedangkan cara mengatasi rasa nyeri pada saat haid ialah, pertama kompres dengan menggunakan botol hangat pada bagian perut yang terasa kram, atau dibagian pinggang belakang.

Kedua, minumlah minuman hangat yang mengandung banyak kalsium tinggi. Ketiga, lakukanlah posisi menungging dengan posisi Rahim kebawah, posisi ini bisa membantu mengurangi rasa sakit, dan sebagai salah satu bentuk relaksasi. Keempat, tarik napas secara dalam dan perlahan untuk relaksasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top