Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengatasi Rasa Takut Pada Anak

Cara Mengatasi Rasa Takut Pada Anak

. Rasa takut adalah hal yang wajar dialami oleh setiap anak. Mengapa demikian? Ini karena sebagian besar dari anak masih canggung ketika bertemu ataupun menghadapi hal-hal baru. Rasa canggung tersebut memicu munculnya ketakutan. Sebagai orang tua, anda pun harus mengambil langkah tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Adapun cara mengatasi rasa takut pada anak adalah sebagai berikut :

cara-mengatasi-rasa-takut-pada-anak

  • Biarkan anak mengatasi rasa takut tersebut

Solusi pertama adalah dengan membiarkan buah hati anda beradaptasi dengan objek yang membuatnya ketakutan. Yang lebih penting, jangan memaksa anak anda untuk segera mengatasi ketakukan tersebut. Hal ini karena ketakutan akan berangsur-angsur menghilang seiring dengan adaptasi yang dibutuhkan oleh anak anda.

 

  • Tak perlu menertawakan ketakutan anak anda

Adapun cara mengatasi rasa takut pada anak yang kedua adalah dengan bersikap santai. Sebisa mungkin jangan menertawakan anak anda bila dia takut terhadap sesuatu. Hal ini karena bagi anak-anak ketakutan adalah hal nyata yang harus diatasi. Peran anda sebagai orang tua adalah menenangkan dia, bukan menertawakannya.

  • Berikan kekuatan pada diri anak anda

 

Ketika anak merasakan ketakutan, hal pertama adalah dengan memberikan kekuatan pada anak untuk mengatasi hal itu. Jangan sampai anda terlihat takut dihadapannya terhadap suatu hal. Ketakutan yang anda tunjukkan secara tak langsung akan memberikan sugesti pada anak dan menjadikannya takut juga. Cara untuk mengatasi ketakutan pada anak yakni memantapkan hatinya. Misalnya, ketika anda ingin meninggalkannya sendirian di rumah, katakan bahwa anda akan segera kembali dan keadaan akan baik-baik saja.

  • Ketakutan adalah hal nyata yang harus dihadapi

Anda harus menunjukkan pada anak bahwa ketakutan adalah nyata, bahkan orang dewasa pun juga mempunyai ketakutan terhadap sebuah hal. Tanamkan pemahaman bahwa rasa takut yang dialami oleh mereka tak semenakutkan ketakutan yang dihadapi orang dewasa. Katakan pada mereka, ketika mereka tidak bisa menghadapi ketakutan tersebut, maka mereka akan semakin dihantui oleh rasa takut itu.

Demikianlah cara mengatasi rasa takut pada anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top