Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Umum / Cara Mengatasi Stress Akibat Perceraian

Cara Mengatasi Stress Akibat Perceraian

. Dampak yang mungkin terjadi karena perceraian rumah tangga sangatlah banyak macamnya. Salah satunya adalah timbul rasa stress baik di pihak pasangan yang bercerai maupun pihak buah hati (bila sudah ada). Tentu, stress bukanlah dampak yang baik karena berbagai keadaan buruk lainnya bisa terjadi dengan stress sebagai pemicunya. Oleh sebab itu, sebelum terlambat, anda harus temukan cara mengatasi stress akibat perceraian seperti yang tertera di bawah ini.

Cara-mengatasi-stress-akibat-perceraian

  • Jangan Menyendiri

Dalam keadaan yang tertekan, anda membutuhkan seorang pendengar yang bisa memberikan nasihat-nasihat positif untuk kehidupan anda selanjutnya. Hal ini sangatlah penting, karena stress dapat timbul bila anda menyimpan masalah anda sendiri. Selain itu, bila anda menjadi tak nafsu makan karena banyak pikiran, setidaknya masih ada orang yang perduli dan mengingatkan anda untuk makan.

  • Ketahui Karakter Anda

Anda harus tahu bagaimana sikap asli anda agar bisa memilih pendengar yang benar-benar tepat. Misalnya, bila anda adalah pria yang tipikalnya mudah emosian, pilihlah orang yang berfisik kuat dan memiliki kemampuan untuk menstabilkan emosi sebagai pendengar anda. Kedua hal tersebut penting karena bukan hal yang tidak mungkin bila anda akan menyakiti diri sendiri dan orang lain untuk meluapkan rasa stress pasca-bercerai. Sehingga, agar pendengar anda tidak malah kabur, ia harus benar-benar tahu kondisi anda dan sabar dijadikan korban.

  • Menyibukkan Diri

Cara mengatasi stress akibat perceraian lainnya adalah dengan mengalihkan perhatian anda dari masalah perceraian tersebut. Hal ini bisa dilakukan misalnya dengan menghabiskan waktu bersama teman-teman, fokus pada kegiatan luar rumah seperti bekerja, membuat kerajinan untuk membunuh waktu yang kemudian bisa dijual, dll.

  • Konsumsi Menu Makanan yang Tepat

Sebagai informasi, di sekitar anda ada beberapa tanaman herbal yang memiliki khasiat untuk menenangkan diri (bukan obat terlarang). Hal ini misalnya seperti coklat. Karenanya, anda bisa coba untuk mengolah coklat sebagai hidangan lezat seperti puding, cake coklat, mufin, es krim, hot cocolate, dll. Namun, cara mengatasi stress akibat perceraian satu ini memiliki efek menambah berat badan bila terlalu banyak dikonsumsinya. Karenanya, anda harus membuat jadwal dan dosis yang seimbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top