Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Alergi Susu Sapi Pada Anak

Cara Mengobati Alergi Susu Sapi Pada Anak

Inilah Cara Mengobati Alergi Susu Sapi pada Anak yang Harus Ibu Ketahui

KonsultasiSehat.com. Bagi anak anda yang mengalami alergi pada susu sapi, sebaiknya perlu diperhatikan seberapa sering mengonsumsi susu sapi itu.

cara mengobati alergi susu sapi pada anak

Untuk kandungan nutrisi memang cukup banyak dan lengkap yang terdapat pada susu sapi. Sehingga seringkali para ibu berlomba-lomba memilih susu sapi terbaik untuk anak mereka. Namun rupanya tidak semua susu sapi dengan segala kandungan nutrisnya bisa bermanfaat bagi anak anda. Justru untuk anak yang tidak cocok mengonsumsi susu sapi, maka bisa terkena alergi.

Cara mengobati alergi susu sapi pada anak yang perlu ibu ketahui antara lain sebagai berikut:

– Pastikan anak anda mengonsumsi ASI hingga minimal usia 6 bulan. Karena kebanyakan alergi terjadi pada anak usia bayi, sehingga untuk para ibu perlu memberikan ASI intensif pada bayi sampai pada usia 6 bulan. Hal ini untuk membuat bayi mengurangi konsumsi susu sapi selama masih di bawah umur.

– Jika anda terlalu sibuk untuk dapat memberikan ASI intensif, maka berikan susu soya atau kedelai sebagai penggantinya. Hal ini agar cara mengobati alergi susu sapi pada anak bisa digantikan dengan susu jenis lain, memiliki nutrisi yang hampir sama namun tidak menimbulkan alergi.

– Kurangi konsumsi susu kemasan. Karena tidak semua anak bisa mendapatkan nutrisi dari susu kemasan. Apalagi saat ini banyak susu kemasan yang dijual bebas. Dan belum tentu semua itu mengandung izin terbit untuk dikonsumsi.

Beberapa tips untuk mengobati alergi di atas memang bisa dicoba bagi para ibu yang anaknya mengalami alergi. Tanda-tanda anak mengalami alergi pada susu sapi yang dikonsumsinya, antara lain, pipinya berwarna merah. Selain itu jika setelah 3 kali mengonsumsi susu sapi, gejala yang ditimbulkan karena alergi ini bisa menyebabkan diare.

Diare yang dialami si kecil tentu membuat anda cemas. Karena itu langkah pertama cara mengobati alergi susu sapi pada anak langsung hentikan konsumsi susu sapi. Segera periksa ke dokter jika gejala diare ini tak kunjung sembuh. Dan pastikan susu sapi tidak lagi dikonsumsi pada anak anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top