Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengobati Batuk 100 Hari Pada Bayi

Cara Mengobati Batuk 100 Hari Pada Bayi

Tips Cara Mengobati Batuk 100 Hari Pada Bayi

KonsultasiSehat.com. Batuk 100 hari atau yang dikenal juga dengan istilah batuk rejan bisa menyerang siapa saja tetapi yang paling rentan mengalami batuk 100 hari adalah bayi dan anak-anak.

cara mengobati batuk 100 hari pada bayi

Dalam istilah medis batuk 100 hari disebut dengan penyakit pertussis karena yang menjadi penyebab penyakit ini adalah bakteri Bordetella perstussis. Bakteri ini bisa menular melaui udara atau lewat dahak yang dikeluarkan oleh penderita batuk 100 hari. Berdasarkan penelitian sebanyak 60 persen penderita penyakit ini adalah anak-anak di bawah usia 10 tahun. Berhubung penyakit ini mudah sekali menular terutapa pada bayi maka anda akan membutuhkan tips cara mengobati batuk 100 hari pada bayi.

Perlu anda ketahui penyakit batuk 100 hari atau batuk rejan ini sangatlah berbahaya jika sampai menyerang bayi sebab 1 dari 500 bayi meninggal akibat terserang penyakit ini. Karena itulah sangat penting melakukan deteksi dini untuk mencegah terjadinya komplikasi yang bisa memberikan dampak yang fatal pada bayi. Untuk gejala batuk 100 hari pada bayi antara lain batuk pada malam hari, dada terasa dingin, setiap batuk biasanya diakhiri dengan suara yang melengking, batuk tidak kunjung sembuh dan semakin hebat setelah satu atau dua minggu juga disertai dengan dahak. Untuk tips cara mengobati batuk 100 hari pada bayi bisa anda lihat di bawah ini.

Pada tips cara mengobati batuk 100 hari pada bayi ini kami akan memberikan tips membuat ramuan herbal yang berkhasiat untuk mengobati batuk 100 hari yang diderita oleh bayi. Untuk membuat ramuan herbal ini yang dibutuhkan adalah 5 gram daun sambiloto, 1 siung bawang putih serta madu asli secukupnya.

Cara membuatnya setelah daun sambiloto dan bawang putih dicuci sampai bersih segera rebus dalam 300 cc air dan tunggu sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin tambahkan madu asli secukupnya. Minumkan ramuan herbal ini sehari tiga kali secara rutin dan lakukan terus sampai batuk mereda dan jangan lupa tetap berikan ASI serta makanan bergizi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top