Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Batuk Bayi Umur 3 Bulan

Cara Mengobati Batuk Bayi Umur 3 Bulan

Membedah Cara Mengobati Batuk Bayi Umur 3 Bulan

KonsultasiSehat.com. Penyakit yang menyerang bayi, terutama pada umur 6 bulan ke bawah memang perlu penanganan yang khusus. Bahkan penyakit yang lumrah diderita oleh banyak orang di negara tropis semacam Indonesia yaitu penyakit batuk dan pilek.

cara mengobati batuk bayi umur 3 bulan

Mengingat umurnya, banyak orang tua yang mengkhawatirkan penggunaan obat kimia untuk mengatasi batuk pada bayinya yang masih berumur 3 bulan. Apakah benar ada cara mengobati batuk bayi umur 3 bulan yang efektif? Cara-cara alternatif memang banyak sekali ditempuh dibanding dengan penggunaan obat kimiawi, karena tidak memiliki resiko sedikitpun.

Sebelumnya anda harus mengetahu mengenai penyebab si kecil batuk. Lalu apakah batuk yang diderita bayi anda disertai flu atau tidak. Hal ini merupakan hal yang penting untuk memastikan penyebab bayi anda terkena batuk. Ada banyak penyebab kenapa seorang bayi bisa menderita batuk.

Ternyata terserang flu dan batuk dalam kurun waktu 2 hingga 3 bulan adalah hal yang wajar. Mekanisme tubuh untuk melawan benda asing yang masuk seperti bakteri atau virus, membuat tubuh terserang batuk dan flu. Tentu saja jika penyebabnya demikian maka cara mengobati batuk bayi umur 3 bulan yang harus dilakukan berbeda dengan cara mengobat bayi anda yang mengidap batuk berkepanjangan.

Anda bisa menjemur bayi anda sebentar ketika pagi tiba, atau memanfaatkan uap hangat sebagai terapi. Pemberian asi untukbayi juga turut dijaga, karena kandungan dalam asi dapat membantu tubuh meningkatkan pertahanan melawan benda asing yang masuk.

Namun jika bayi anda mengalami batuk berkepanjanan, jangan anggap enteng. Pasalnya cara mengobati batuk bayi umur 3 bulan belum tentu efektif. Bisa saja faktor penyebab bayi anda batuk adalah asap rokok. Kasus ini banyak ditemukan di Indonesia, terutama jika sang ayah adalah perokok.

Jika demikian maka mau tidak mau anda harus menghentikan kebiasaan merokok anda sesegera mungkin. Anda juga dapat membawa bayi anda ke dokter spesialis, hal ini akan membantu mengidentifikasikan penyebab sebenarnya bayi 3 bulan anda terserang batuk dengan lebih jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top