Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Batuk Berdahak Pada Anak Balita

Cara Mengobati Batuk Berdahak Pada Anak Balita

Cara Mengobati Batuk Berdahak pada Anak Balita yang Aman

KonsultasiSehat.com. Kehadiran buah hati tentu menyemarakkan rumah tangga anda. Namun bagaimana jika si kecil tiba-tiba jatuh sakit? Apalagi jika si kecil merupakan anak pertama, tentu anda akan merasa kelimpungan.

cara mengobati batuk berdahak pada anak balita

Penyakit biasa seperti batuk, yang bisa mudah diobati dengan obat kimia, membutuhkan penanganan yang berbeda. Karena balita seringkali lebih sensitif terhadap kandungan obat-obatan. Karena cara mengobati batuk berdahak pada anak balita tentu berbeda dengan anak yang sudah sedikit besar.

– Langkah pertama untuk mengatasi batuk berdahak yaitu dengan mengoleskan minyak telon atau minyak kayu putih. Kedua minyak ini cocok untuk kulit balita yang sensitif. Hangatnya juga pas. Manfatnya yaitu untuk menghangatkan tubuh si kecil serta membantu mengeluarkan dahak, sehingga tenggorokkan si kecil tidak terasa gatal.

– Jika kamar si kecil menggunakan pendingin udara, turunkan suhunya sehingga sesuai dengan suhu kamar. Jangan lupa untuk memberikan berbagai makanan yang mengandung gizi tinggi serta buah segar.

– Untuk resep obat tradisional cara mengobati batuk berdahak pada anak balita anda membutuhkan buah belimbing wuluh kira-kira segenggam, gula batu dan satu siung bawang merah, ½ pala, dan air putih secukupnya. Cara pengolahan obat tradisionalnya yaitu dengan memotong bawang merah menjadi beberapa bagian, kemudian tumbuk pala hingga hancur.

Siapkan panci dan air secukupnya lalu rebus semua bahan. Berikan air rebusan kepada si kecil berdasarkan umurnya. Jika si kecil bermur 1 hingga 2 tahun, berikan 4 sendok makan setiap harinya, sedangkan jika antara 3 hingga 5 tahun, berikan 1 ½ sendok makan sebanyak 4 kali dalam sehari. Lakukan selama beberapa hari, dan lihat perubahannya pada si kecil.

– Namun jika batuk tidak berhenti selama semalam suntuk, lebih baik segera kunjungi dokter spesialis anak. Karena semakin cepat sembuh akan semakin baik untuk si kecil.

Itulah cara mengobati batuk berdahak pada anak balita yang bisa anda lakukan di rumah. Setelah sembuh, berikan madu murni untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top