Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Batuk Berdahak Pada Anak Kecil

Cara Mengobati Batuk Berdahak Pada Anak Kecil

Cara Mengobati Batuk Berdahak pada Anak Kecil dengan Obat Tradisional

KonsultasiSehat.com. Batuk berdahak merupakan penyakit yang lumrah diderita oleh orang dewasa. Ada banyak obat batuk yang dijual di apotek, bahkan ada juga yang dijual di warung-warung.

cara mengobati batuk berdahak pada anak kecil

Obat-obat tersebut aman untuk dikonsumsi oleh orang dewasa asal sesuai dengan dosis pemakaian. Lalu bagaimana dengan anak kecil yang terserang batuk? Penggunaan obat kimia sedikit mengkhawatirkan jika digunakan sebagai cara mengobati batuk berdahak pada anak kecil. Lebih baik anda memanfaatkan berbagai bahan alami di sekitar anda untuk mengatasi batuk berdahak si kecil.

Selain aman, obat tradisional juga manjur. Itulah kenapa resepnya masih bertahan hingga sekarang. Bahkan produsen obat kimia juga mulai meliriknya dengan memproduksi obat herbal. Ada 2 resep obat tradisional untuk batuk anak yang bisa anda buat.

– Resep obat batuk tradisional yang pertama yaitu menggunakan madu. Madu sejak dahulu dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai cara mengobati batuk berdahak pada anak kecil. Sediakan 4 sendok makan madu asli, air perasan jeruk nipis sebanyak 1 ½ sendok makan, dan terakhir air putih secukupnya. Ketiga bahan tersebut dicampur dan direbus, setelah jadi berikan obat tradisional batuk berdahak ini untuk si kecil.

– Resep obat tradisional yang selanjutnya yaitu memanfaatkan belimbing wuluh. Sediakan segenggam belimbing wuluh, plus 1 siung bawang merah, 1 sendok gula batu, 1 ½ pala dan air. Tumbuk hingga halus pala, lalu iris bawang merah. Rebus semua bahan bersama air, setelah itu air rebusan tersebut dapat diberikan kepada si kecil untuk emngobati batuk berdahak.

Untuk dosisnya berbeda-beda tergantung umur anak anda. Jika berumur di bawah 1 tahun, berikan 1 sendok teh sebanyak 4 kali dalam sehari. Sedangkan anak umur 1 hingga 2 sebanyak 1 sendok makan, dan di atas itu sebanyak 1 ½ sendok makan. Masing-masing sebanyak 4 kali dalam satu hari. Itulah cara mengobati batuk berdahak pada anak kecil dengan obat tradisional yang bisa anda racik dan ramu sendiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top