Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Batuk Berdahak Pada Bayi 3 Bulan

Cara Mengobati Batuk Berdahak Pada Bayi 3 Bulan

Cara Mengobati Batuk Berdahak pada Bayi 3 Bulan secara Alami

KonsultasiSehat.com. Bayi memerlukan perawatan khusus, terutama ketika sakit. Penyakit seperti batuk disertai dengan pilek kadangkala menyerang buah hati anda.

cara mengobati batuk berdahak pada bayi 3 bulan

Tentu ada rasa khawatir, apalagi hingga si kecil selalu menangis atau batuk di malam hari. Terlebih, jika si kecil adalah anak pertama, tentu anda akan lebih was-was karena merupakan pengalaman yang pertama pula bagi anda untuk menangani bayi sakit. Lalu bagaimana cara mengobati batuk berdahak pada bayi 3 bulan dan di bawah satu tahun? Ada beberapa cara yang bisa anda tempuh. Cara-cara tersebut lebih menekankan pada cara alami dibanding penggunaan obat-obatan, karena bayi masih sangat sensitif dengan obat kimia.

Cara mengobati batuk berdahak pada bayi 3 bulan dan di bawah 1 tahun yang pertama adalah dengan meningkatkan suplai asi beserta kualitasnya. Kenapa asi? Kandungan asi membantu memperkuat daya tahan tubuh si kecil. Ketika bayi diberikan asi, saluran eustachius (saluran yang menghubungkan telinga dan hidung) akan tertutup, sehingga infeksi bakteri pada tenggorokan bayi dapat dicegah.

Anda bisa meningkatkan kualitas asi dengan mengonsumsi madu serta sayur dan buah segar. Konsumsi makanan tersebut untuk meningkatkan kualitas asi anda. Langkah selanjutnya untuk mengatasi batuk berdahak yaitu dengan menjemur si kecil di bawah matahari pagi. Jemur si kecil hanya menggunakan celana dalam saja, hal ini bertujuan untuk menghangatkan tubuh bayi anda, serta membantu menyerap vitamin D yang terdapat dalam sinar matahari pagi. Tak perlu terlalu lama, cukup setengah jam saja menjemur bayi anda.

Cara cara mengobati batuk berdahak pada bayi 3 bulan yaitu dengan terapi uap. Caranya dengan meneteskan minyak kayu putih ke dalam sebaskom air hangat. Pangkulah si kecil, sehingga ia dalam posisi tengkurap dan kepalanya tidak jauh dari baskom tersebut. Uap hangat dari baskom, akan membantu meredakan saluran tenggorokan si kecil. Namun jika batuk bayi anda tidak ada tanda-tanda sembuh hingga 7 hari, segeralah pergi ke dokter. Hal ini bertujuan agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top