Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Batuk Berdahak Pada Bayi 4 Bulan

Cara Mengobati Batuk Berdahak Pada Bayi 4 Bulan

Cara Mengobati Batuk Berdahak Pada Bayi 4 Bulan Secara Alami

KonsultasiSehat.com. Bagi seorang ibu, pasti tidak akan tega melihat saluran pernapasan bayi terhambat karena lendir. Lendir pasti akan membuat si kecil menjadi tidak nyaman.

cara mengobati batuk berdahak pada bayi 4 bulan

Orang dewasa mungkin mudah untuk mengeluarkan lendir, namun bayi akan sangat sulit untuk mengeluarkannya. Namun anda tidak perlu merasa khawatir karena kami akan memberikan beberapa informasi tentang cara mengobati batuk berdahak pada bayi 4 bulan. Dahak bisa membuat tenggorokan si kecil menjadi tidak nyaman dan menggangu ketika menelan ASI. Jika hal tersebut terjadi, pasti akan membuat si kecil menjadi rewel. Batuk berdahal bisa menyebabkan timbulnya penyakit lain lagi seperti pilek atau flu.

Sebelum anda berusaha untuk mencari cara mengobati batuk berdahak pada bayi 4 bulan, sebaiknya anda mengecerkan dahak telebih dahulu dalam tubuh si kecil. Di sini ada beberapa cara untuk mengencerkand dahak pada si kecil. Yang pertama, setelah mandi di pagi hari, hendaknya menjemur si kecil selama 15 menit kurang lebihnya agar tubuh menjadi hangat dan lendir mengencer.

Yang selanjutnya, oleskan minya khusus bayi pada tubuh. Fungsinya sama dengan menjemur di bawah terik matahari pagi, yaitu untuk menghangatkan. Kemudian yang ke dua, dengan menyiapkan baskom berisi air hangat dan tuangkan sedikit minyak telon atau kayu putih di samping bayi agat udara yang di hasilkan dari campuran air hangat dan minyak kayu putih bisa terhirup oleh si kecil.

Hal ini tentu akan sangat membantu si kecil dalam mengencerkan dahak. Kemudian untuk cara mengobati batuk berdahak pada bayi 4 bulan yaitu dengan memberikan ASI dalam jumlah banyak atau cukup. Jika si kecil mendapatkan jumlah ASI yang banyak atau cukup, maka si kecil bisa mengeluarkan dahak bersamaan dengan feses.

Kemudian yang ke dua dengan menggunakan alat khusus dalam mengeluarkan dahak, yaitu alat yang terbuat dari bahan karet. Jika di perlukan anda bisa menyedot dahak pada bagian hidung dan mulut. Namun dalam penyedotan jangan di lakukan setelah si kecil makan atau menyusu karena bisa terjadi muntah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top